Antisipasi pemudik, ruas-ruas tol ini dijaga ketat

Minggu, 10 Mei 2020 | 11:42 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pemerintah tetap melarang aktivitas mudik Lebaran 2020. Guna mendukung larangan ini, PT Hutama Karya (Persero) melakukan penyekatan di ruas tol yang dikelolanya.

BUMN ini memang memastikan ruas tol masih beroperasi normal di tengah aturan Pembatasan Perjalanan Orang dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19).

Executive Vice President Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol Hutama Karya, J. Aries Dewantoro mengatakan, pihaknya tetap menerapkan kebijakan yang sama seperti hari-hari sebelumnya di seluruh ruas tol yang dikelola.

Hingga Jumat (8/5/2020), seluruh kendaraan yang melintas baik di beberapa ruas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) mapun di tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) Seksi S dan tol Akses Tanjung Priok (ATP) masih dibatasi dengan tetap memberlakukan check point dan penyekatan di beberapa ruas tol.

Kebijakan yang diterapkan perusahaan pun masih mengacu pada Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 25 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Mudik Idul Fitri Tahun 1441 Hijriah dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19.

"Sampai saat ini jalan tol yang kami kelola masih beroperasi seperti biasa dengan tetap membatasi kendaraan yang boleh melintas dengan memberlakukan sistem check point dan penyekatan. Untuk penyekatan kendaraan kami lakukan di ruas tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka) dan tol Palembang-Indralaya (Palindra). Sedangkan check point kami bangun di ruas tol JORR-S sejalan dengan masih diberlakukannya PSBB di Jakarta," ujar Aries dalam keterangan tertulis, Sabtu (9/5/2020)..

Lebih lanjut dia juga menyampaikan bahwa Hutama Karya telah menghentikan sementara fasilitas top-up tunai, serta melakukan pembagian masker, hand sanitizer dan tongkat tol secara gratis di sejumlah ruas tol-nya. Tak hanya itu, Hutama Karya selaku BUJT juga telah melaksanakan simulasi penanganan COVID-19 di seluruh ruas tol-nya sesuai dengan SE Menteri PUPR No 07/SE/M/2020 tentang penerapan protokol pencegahan penularan dan penanggulan Covid-19 di Tempat Istirahat dan Pelayanan Jalan Tol serta transaksi di Gerbang tol.

"Pada prinsipnya Hutama Karya akan mendukung seluruh kebijakan dari pemerintah dalam percepatan pencegahan Covid-19." terang Aries.

Hutama Karya menghimbau kepada seluruh pengendara untuk tetap mematuhi peraturan yang berlaku, membatasi diri untuk keluar rumah apabila tidak ada keperluan yang mendesak, menggunakan masker apabila keluar rumah, serta untuk sementara tidak melakukan kegiatan mudik ke kampung halaman demi mencegah penyebaran Covid-19. kbc10

Bagikan artikel ini: