Bantu stabilkan harga gula, PTPN XI gelar pasar murah di 10 kota

Rabu, 13 Mei 2020 | 11:58 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Ditengah kegelisahan masyarakat atas tingginya harga gula di pasaran, PT Perkebunan Nusantara XI memberikan angin segar dengan gelar Pasar Murah Gula Kristal Putih di sepuluh kota/kabupaten di Jatim. Pasar murah dilaksanakan selama seminggu, dari Senin kemarin hingga akhir pekan ini.

Kegiatan tersebut dilakukan serentak di Kantor Pusat Surabaya dan seluruh pabrik gula wilayah kerja PTPN XI yang berada di Kabupaten Madiun, Kabupaten Ngawi, Kabupaten Magetan, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Bondowoso, Kabupate  Situbondo, Kabupaten Jember dan Kabupaten Lumajang.

Humas PTPN XI Brilliant Johan Anugerah mengatakan bahwa kegiatan pasar murah ini bertujuan membantu masyarakat dalam memperoleh gula yang saat ini sulit didapat terutama jelang hari raya keagamaan dan membantu stabilisasi harga.

"Ini adlaah salah satu ikhtiar kami untuk turut meringankan bebanasyarakat ditengah pandemi Covid-19. Apalagi saat ini harga gula di pasaran masih sangat tinggi.  Seperti diketahui bersama selain sulit didapat, harga gula dipasaran berada diatas HET (harga eceran tertinggi red.) yang sudah ditetapkan pemerintah," ujar Brilliant di Surabaya, Selasa (12/5/2020).

Lebih jauh ia mengatakan bahwa  kebutuhan gula kristal putih untuk konsumsi memang lebih besar dibanding produksi tahun ini

Secara nasional, kebutuhannha mencapai dikisaran 3 juta ton. Sementara  produksi gula kristal putih nasional hanya dikisaran 2,1 juta ton.

"Artinya, ada selisih kurang atau defisit supply dan demand. Hal ini yang menyebabkan gula jarang didapat dipasaran dan harga naik melebihi HET," tegasnya.

Dan untuk kebutuhan pasar murah di 10 kota kabupaten tersebut, PTPN XI telah mengalokasikan gula kristal putih sebanyak  75 ton gula yang akam dijual dengan harga Rp12.500,00 per kilogramnya.

"Agar aman dan tidak ada kerumunan, maka teknis pelaksanaan pasar murah tersebut telah disesuaikan dengan  protokol pencegahan covid-19 diantaranya menjaga jarak hingga menggunakan masker," ungkap Brilliant.

Selain penjualan langsung kepada masyarakat, PTPN XI juga berkoordinasi dengan aparat setempat dalam pelaksanaannya. Sehingga diharapkan lebih tepat sasaran dan menghindari kerumunan masa.kbc6

Bagikan artikel ini: