Lebaran di tengah pandemi Covid-19, Muhammadiyah imbau salat Ied di rumah

Rabu, 13 Mei 2020 | 12:10 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Majelis Tarjih dan Tajdid (MTT) Pengurus Pusat Muhammadiyah mengimbau masyarakat untuk melaksanakan salat Ied pada Idul Fitri 2020 nanti di rumah masing-masing jika wabah Covid-19 belum mereda.

"Ya hasil rapat Divisi Fatwa dan Pengembangan Tuntutan MTT PP Muhammadiyah demikian memutuskan," ujar Anggota Divisi Fatwa dan Pengembangan Tuntutan, Wawan Gunawan Abdul Wahid seperti dikutip, Selasa (12/5/2020).

Sebelumnya, Menteri Agama Fachrul Razi mengeluarkan surat edaran tentang panduan beribadah menyambut Ramadan dan Idul Fitri 1 Syawal 1441 Hijriah tahun ini di tengah pandemi Covid-19.

Beberapa poin yang tertuang dalam Surat Edaran Kementerian Agama Nomor 6 tahun 2020, di antaranya Salat Ied saat Idul Fitri secara berjamaah ditiadakan.

Kegiatan takbiran keliling pun dilarang pemerintah. Takbiran cukup dilakukan di masjid/musala dengan menggunakan pengeras suara.

Acara halal bihalal Idul Fitri diminta dilakukan melalui media sosial dan video call/conference.

Adapun sahur dan buka puasa dilakukan oleh individu atau keluarga inti sehingga tidak perlu sahur on the road atau buka puasa bersama. Salat tarawih dan tadarus Al-Qur'an juga dilakukan secara individual atau berjamaah bersama keluarga inti di rumah. kbc10

Bagikan artikel ini: