PAL kembali rampungkan proyek strategis pesanan Indonesia Power

Rabu, 13 Mei 2020 | 12:13 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Di musim pandemi Covid-19, PT PAL Indonesia (Persero) kembali menorehkan keberhasilan.

Setelah pada awal bulan ini berhasil menyelesaikan proyek pembangunan Heat Exchanger Closed Circulating Cooling Water (H/E C3W) System PLTU Pangkalan Susu pesanan PT Indonesia Power (IP), maka saat ini PAL berhasil selesaikan Proyek Open Cycle Cooling Water Pump (OCCWP) PLTU Pelabuhan Ratu yang juga merupakan pesanan PT Indonesia Power.

Kepala Proyek OCCWP PLTU Pelabuhan Ratu Timbul Guntoro menyatakan di tengah pandemi Covid-19 PT PAL Indonesia (Persero) mampu menyelesaikan proyek OCCWP pesanan PT Indonesia Power PLTU Pelabuhan Ratu secara on time. Alat ini telah dikirim ke PLTU Pelabuhan Ratu pada Senin kemarin (11/5/2020)

"Pengiriman kali ini merupakan pengiriman OCCWP untuk pembangkit unit pertama dan ketiga yang terdiri dari 60 modul menggunakan 11 unit truk trailler. Pengiriman untuk pembangkit unit kedua sesuai kontrak telah dikirim pada 12 Juli 2019 yang lalu. Bahkan untuk pembangkit unit ketiga berhasil ahead schedule delivery 4 bulan yang seharusnya September 2020," ujarnya.

Keberhasilan tersebut tidak bisa lepas dari kerja tim yang solid mulai dari engineering, procurement dan produksi serta support dari manajemen sehingga bisa melaksanakan pekerjaan ini sesuai jadwal yang dipersyaratkan, bahkan ahead schedule delivery, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dan keselamatan (penggunaan APD, masker dan physical distancing).

Direktur Rekayasa Umum dan Harkan PT PAL Indonesia (Persero) Sutrisno mengatakan bahwa secara teknis, sumber media pendingin yang di pompakan OCCWP adalah berasal dari air laut yang diambil dari pipa inlet kondenser, dimana air laut dipompakan oleh circulating water pump (CWP) menuju condenser, dialirkan juga menuju suction OCCWP yang kemudian akan dimanfaatkan sebagai media pendingin untuk Close Cooling Water (CCCW) lalu dikembalikan kembali ke pipa outlet kondenser.

"OCCWP dan CCCWP merupakan satu kesatuan pada sistem pendingin bantu," tegasnya.

Ia juga menyatakan PT PAL Indonesia (Persero) selama pandemi Covid-19 telah berhasil melaksanakan delivery 2 proyek Heat Exchanger C3W untuk PLTU Pangkalan Susu dan 2 proyek OCCWP untuk PLTU Pelabuhan Ratu. PT PAL Indonesia (Persero) tetap berkomitmen untuk mengerjakan proyek- proyek yang dipercayakan.

"Komitmen tersebut bukan hanya businness as usual, namun saat ini terlebih di tengah wabah pandemi Covid-19 merupakan kontribusi PT PAL Indonesia (Persero) untuk memastikan terpenuhinya kebutuhan listrik masyarakat," pungkasnya.kbc6

Bagikan artikel ini: