STP bantu petani ikan Jatim dan bagikan 6.300 paket makanan buka puasa untuk tenaga medis

Kamis, 14 Mei 2020 | 11:13 WIB ET

GRESIK - PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JAPFA) melalui anak usahanya PT Suri Tani Pemuka (STP) unit Aquafeed Gresik serap 2,6 ton ikan dari petani ikan rakyat di Jawa Timur. Ikan tersebut diolah menjadi 6.300 paket makanan buka puasa yang didistribusikan kepada tim medis COVID-19 di 30 rumah sakit rujukan di Jawa Timur.

Inisiatif ini merupakan rangkaian kegiatan yang juga dilaksanakan di kota lainnya di wilayah Jawa Timur yakni kota Surabaya dan Sidoarjo.

“Kegiatan ini merupakan inisiatif STP yang ingin membantu tim medis dan secara bersamaan juga membantu para petani ikan di wilayah Jawa Timur yang terdampak COVID-19,” ujar Arianto, Head of Unit PT Suri Tani Pemuka Unit Aquafeed Gresik.

Arianto menjelaskan, STP memanfaatkan ikan lele dan ikan patin hasil budidaya petambak mitra STP yang tersebar di wilayah Sidoarjo dan Tulungagung, Jawa Timur. Inisiatif ini juga dilatarbelakangi dengan keinginan untuk membantu para petani ikan yang terdampak COVID-19 dengan menyalurkan hasil budidaya mereka.

Kegiatan ini diharapkan dapat menghasilkan manfaat ganda; tidak hanya memberikan asupan protein bagi tim medis, namun juga mendukung keberlanjutan budidaya petani ikan. Meskipun sedang dilanda pandemi, pasar hasil budidaya ikan perlu digairahkan kembali agar kegiatan ekonomi di sektor perikanan dapat terus bergerak.

“Selain untuk tetap menggerakkan kegiatan ekonomi terkait budidaya ikan, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengajak masyarakat mengkonsumsi ikan mengingat ikan adalah sumber protein hewani yang mudah didapat dan diperlukan oleh tubuh untuk melengkapi gizi. Dengan makan ikan, asupan protein dapat tercukupi sehingga mendorong terbentuknya imunitas tubuh yang baik,” pungkas Arianto. kbc10

Bagikan artikel ini: