Pria lebih rentan terkena Covid-19, studi ini ungkap alasannya

Kamis, 14 Mei 2020 | 21:30 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Menurut beberapa penelitian para pria lebih rentan terinfeksi virus corona (Covid-19) ketimbang wanita. Begitu juga dengan tingkat kematiannya.

Dikutip dari laman United Press International, Rabu (13/5/2020) penelitian terbaru dari Belanda baru-baru ini mengungkapkan alasan mengapa hal tersebut dapat terjadi. Menurut penelitian laki-laki memiliki kadar enzim angiotensin-converting enzyme 2, atau ACE2 yang lebih tinggi pada darah dibandingkan perempuan.

"ACE2 adalah reseptor pada permukaan sel," kata ketua penelitian dan profesor kardiologi di University Medical Center Groningen, di Belanda, Dr. Adriaan Voors.

Menurut Voors enzim ACE2 telah mengikat virus corona dan memungkinkannya untuk masuk dan menginfeksi sel-sel yang sehat.

"Tingkat tinggi ACE2 ada di paru-paru dan, oleh karena itu, dianggap memainkan peran penting dalam perkembangan gangguan paru-paru terkait dengan Covid-19," imbuh Voors.

Dalam studi mereka, para peneliti melacak konsentrasi ACE2 dalam darah hampir 1.500 pria dan lebih dari 500 wanita. Semuanya adalah orang tua yang dirawat karena gagal jantung di lembaga medis di 11 negara Eropa. kbc10

Bagikan artikel ini: