Penjualan produk UMKM di Blibli.com naik 6 kali lipat selama Covid-19

Jum'at, 15 Mei 2020 | 05:56 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Perusahaan e-commerce Blibli.com mengklaim penjualan di loka pasar (marketplace) meningkat sekitar 50 persen selama pandemi Covid-19. Bahkan, khusus penjualan produk usaha mikro kecil menengah (UMKM), jumlahnya naik dua hingga enam kali lipat.

"Kenaikan ini tergantung kategori, terutama makanan, minuman, alat kesehatan buatan lokal seperti masker kain, dan lainnya, termasuk itu malah naik. Dekorasi dalam rumah juga naik," ujar CEO Blibli.com Kusumo Martanto dalam diskusi virtual pada Kamis (14/5/2020).

Menurutnya, pandemi Covid-19 tidak selalu berdampak buruk. Pasalnya, bagi UMKM yang sudah siap siaga dan bergabung dengan pasar online, situasi seperti ini justru membawa berkah.

"Yang belum ikut (gabung marketplace) sekarang bisa ikut. Para UMKM yang belum main ke online, ayo sekarang," kata Kusumo.

Meski nantinya wabah Covid-19 di Tanah Air berkurang, lanjut dia, kebiasaan orang sudah berubah. Karena itulah, menurut dia, pelaku usaha harus terus berinovasi sekaligus menjaga kualitas.

"Kita kasih pelatihan ke teman-teman UMKM, lalu pasarkan ke teman-teman Indonesia. Ini jarang sekali saya rasakan. Sekarang swasta besar dan swasta kecil kerja sama. Gunakan waktu seperti ini sebaik-baiknya untuk Indonesia," tuturnya.

Kusumo yakin pasar dalam negeri sangat berpotensi karena jumlah penduduknya mencapai 200 juta lebih. "Dengan jumlah itu, masa masih harus bergantung (pada luar negeri). Kita jangan hanya jadi pasar, tapi juga bisa jadi produsen serta aktif berkontribusi," ujar dia. kbc10

Bagikan artikel ini: