Berdamai dengan Covid-19, Gojek gencar beri solusi cara beribadah tanpa keluar rumah

Jum'at, 15 Mei 2020 | 11:05 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Bulan Ramadhan senantiasa memberikan nuansa berbeda bagi kaum muslim. Berharap ridha dan keberkahan Allah, biasanya mereka selalu  mewarnainya dengan melaksanakan ibadah dalam setiap waktu. Entah itu ibadah yang berhubungan dengan Allah atau "hablum minallah"  seperti tarawih  dan mengaji ataupun ibadah yang berhubungan dengan manusia atau "hablum minannas" seperti bersedekah kepada masyarakat tidak mampu.

Namun di tahun ini, yang dirasakan kaum muslim berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Akibat merebaknya wabah Covid-19 di bumi Nusantara, mereka tak lagi  bisa leluasa bertemu dengan masyarakat untuk sekedar berbagi takjil ataupun sedekah. Karena mereka diharuskan untuk tidak membuat kerumunan dan hanya berdiam diri di rumah.

Hal inilah yang kemudian menjadikan salah satu perusahaan penyedia layanan transportasi online "Gojek" untuk memberikan solusi tepat kepada kaum muslim agar bisa melaksanakan ibadah dengan maksimal disaat pandemi Covid-19 tanpa harus keluar rumah dengan meluncurkan fitur "eBadah" atau Ibadah Elektronik.

"Ini adalah inisiatif kami agar kaum muslim tetap bisa beribadah di saat pandemi Covid-19. Memberikan  solusi cara beribadah walaupun di rumah saja. Fitur eBadah bisa menjadi mitigasi ibadah bagi umat Islam," ujar Head Corporate Affairs Regional EJBN Gojek, Alfianto Domy Aji saat diskusi virtual "NgabuburIT Kadin Jatim" pada Kamis (14/5/2020) petang dengan tema "e-Badah, Solusi Ibadah Poro Dulur dengan Tetap #DiRumahAja".

Dalam fitur "eBadah", umat Islam bisa memilih akan melaksanakan ibadah seperti apa, apakah ingin bersedekah kepada kaum miskin dan anak yatim, ingin berbagi menu buka puasa dengan teman dan kerabat ataukah ingin memberikan bingkisan atau parcel kepada sejawat.

Menurut Domy, panggilan akrab Alfianto Domy Aji, ada sekitar lima layanan yang ditawarkan yang ditujukan untuk memudahkan pelanggan menjalani keseharian dan berbagi kebaikan selama bulan puasa. Pertama adalah "eBukber" atau (Buka Bersama). Layanan ini memudahkan pengguna dalam menyiapkan makanan untuk  berbuka puasa dan sahur lewat layanan GoFood, GoMart, dan GoShop.

"Ini juga bisa digunakan untuk berbagi menu berbuka puasa dengan saudara dan tenaga kesehatan atau kepada yang membutuhkan seperti anak yatim dan mitra driver Gojek. Dan kami menemukan, layanan ini mengalami lonjakan yang cukup signifikan selama Ramadhan. Dengan adanya layanan ini,  Pandemi Covid-19 tak menghalangi kaum muslim untuk bersilaturahmi dengan mengirimkan makanan ke keluarga dan teman, yang tinggal di luar kota sekalipun, dengan menggunakan fitur “Ganti Lokasi” dari layanan GoFood," terangnya.

Selain memanfaatkan layanan GoFood untuk membeli makanan siap santap, pengguna Gojek bisa membeli makanan siap masak serta makanan dan minuman kemasan di merchant GoFood dan mengakses gerai belanja modern seperti Alfamart, FamilyMart, Lawson, dan Circle K2. 

Kedua, masyarakat dapat berpartisipasi di "eSedekah" melalui platform donasi GoGive untuk membantu sesama di masa penuh tantangan ini. Melalui kolaborasi antara Gojek dan Kitabisa, bantuan tersebut akan disalurkan oleh berbagai organisasi nirlaba terbesar di Indonesia seperti Baznas, Lazis Muhammadiyah, NU CARE-LazisNU, Rumah Zakat, Wahana Visi Indonesia, dan Indorelawan.

Ketiga, layanan GoPay memberikan kemudahan kepada masyarakat yang hendak berbagi "eRezeki" kepada keluarga atau kerabat. Hal tersebut dapat dilakukan melalui layanan transfer atau kirim saldo GoPay ke siapapun yang memiliki akun Gojek. 

Keempat, "eNgabuburit" Gojek menghadirkan beragam program dan konten dengan fasilitas pembelian tiket di GoTix sehingga masyarakat dapat memperoleh berbagai opsi dalam mengisi waktu selama Ramadan dengan kegiatan yang berguna. Gojek juga telah berkolaborasi dengan sejumlah organisasi keagamaan untuk menghadirkan sesi dakwah online dengan memberlakukan pembelian tiket sebagai bentuk donasi untuk disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Kelima, layanan GoSend siap membantu masyarakat yang membutuhkan jasa "eParsel" atau pengantaran barang kepada keluarga dan kerabat selama Ramadan. Layanan GoSend juga dapat membantu masyarakat berbagi kebahagiaan di bulan Ramadan dengan mengirimkan donasi paket langsung sampai tujuan, baik kepada anak yatim piatu maupun masyarakat yang membutuhkan lainnya.

"Dan kami menemukan, suka atau tidak suka, budaya masyarakat untuk mengirimkan parcel disaat menjelang lebaran masih sangat besar. Dan saat ini kami tengah merancang kerjasama dengan maskapai penerbangan untuk pengiriman barang. Inisiatif ini masih digodok, ada pertimbangan bisnis dan ekonomi yang juga harus dipikirkan," tutupnya.kbc6

Bagikan artikel ini: