BRI restrukturisasi 1,4 juta nasabah UMKM, total pinjaman Rp101 triliun

Jum'at, 15 Mei 2020 | 16:24 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI mencatat hingga akhir April 2020, perseroan telah merestrukturisasi pinjaman kepada 1,4 juta nasabah segmen pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) terdampak virus corona (Covid-19) dengan nilai total Rp 101 triliun.

Pernyataan itu disampaikan Direktur Utama Bank BRI Sunarso dalam video conference Kinerja Keuangan Kuartal I 2020, Kamis (14/5/2020).

"(Kami telah) restrukturisasi UMKM sampai akhir April 2020 kepada 1,4 juta pelaku UMKM terdampak (corona), dengan total pinjaman Rp 101 triliun," ujar Sunarso.

Dipaparkannya, BRI juga menciptakan skema pinjaman khusus dengan menggandeng Gojek dan Grab demi meringankan beban para pengendara ojek online yang terdampak virus corona (Covid-19).

Hal itu karena mereka merupakan pelaku usaha informal.

Perseroan menargetkan 250 ribu pengendara ojek online yang akan memperoleh pinjaman berkisar antara Rp 5 juta hingga Rp 20 juta.

"Kami menargetkan 250.000 pengendara ojek online mendapatkan fasilitas pembiayaan ini, dengan ticket size Rp 5 hingga 20 juta," kata Sunarso.

Menurutnya, skema pinjaman khusus ini sudah disesuaikan dengan apa yang diamanatkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) turut memperoleh kemudahan dalam pembiayaan di masa pandemi ini.

"Ini juga sesuai dengan arahan Presiden bahwa diperlukan sebuah terobosan yang inklusif, agar pelaku UMKM terdampak (bisa) langsung mendapatkan manfaatnya," kata Sunarso. kbc10

Bagikan artikel ini: