Manfaat luar biasa dirikan salat Duha di bulan Ramadan

Senin, 18 Mei 2020 | 06:20 WIB ET

BULAN Ramadan merupakan bulan penuh kemuliaan dan keberkahan. Bulan Ramadan juga menjadi bulan penuh ampunan dan dikabulkannya doa-doa tulus yang dilantunkan saat siang maupun malam. 

Di bulan Ramadan yang penuh kemuliaan ini, kaum muslim disarankan untuk berlomba-lomba dalam berbuat kebaikan. 

Selain menjalankan ibadah wajib salat lima waktu dan puasa selama satu bulan, Anda juga disarankan untuk memperbanyak ibadah sunah seperti membaca Al-Quran, berdzikir, mendirikan salat sunah mulai dari salat Tarawih, salat Tahajud dan salat lainnya termasuk salat Dhuha. 

“Diriwayatkan dari Abu Hurairah bahwa ia berkata, ‘Kekasihku (Rasulullah) memberikan pesan (wasiat) kepadaku dengan tiga hal yang tidak pernah aku tinggalkan hingga aku meninggal nanti. Yaitu puasa tiga hari setiap bulan, shalat Dhuha, dan tidur dalam keadaan sudah mengerjakan shalat witir.” (HR. Bukhari)

Apa Itu Salat Dhuha?

Salat Dhuha merupakan salat yang dikerjakan pada waktu dhuha, yakni antara waktu matahari tersebut atau pukul 8 hingga tengah hari yakni sekitar pukul 11 siang. Salat dhuha bisa dikerjakan minimal 2 raka'at salam dan maksimal 12 raka'at. 

Manfaat & Keutamaan Mendirikan Salat Dhuha

Barang siapa yang keluar dari rumahnya dalam keadaan bersuci untuk melaksanakan shalat wajib maka pahalanya seperti seorang yang melaksanakan haji. Barang siapa yang keluar untuk melaksanakan shalat Dhuha maka pahalanya seperti orang yang melaksanakan umrah. (Shahih al-Targhib : 673)

Salat Dhuha memiliki banyak manfaat dan mendatangkan pahala yang begitu besar dari Allah. Bagi mereka yang tulus dan rutin mendirikan salat Dhuha, mereka akan dibangunkan rumah di surga oleh Allah. Allah juga akan mencukupi kebutuhannya di sore hari.

Diriwayatkan dari Nu‘aim bin Hammar bahwa dia berkata: "Aku telah mendengar Rasulullah bersabda, Allah berfirman, wahai anak Adam, janganlah kamu merasa lemah (kehilangan kesempatan) untuk beribadah kepada-Ku dengan cara mengerjakan shalat empat rakaat di awal waktu siangmu, niscaya akan Aku cukupkan untukmu di akhir harimu”. (HR. Abu Dawud).

Mendirikan salat Dhuha akan menggugurkan dosa-dosa yang telah diperbuat selama ini. Meski dosa itu sangat banyak, salat Dhuha dengan tulus ikhlas tetap bisa menggugurkan dosa tersebut. “Barang siapa yang menjaga shalat Dhuha, maka dosa-dosanya diampuni walaupun dosanya itu sebanyak buih di lautan.” (HR. Tirmidzi)

Salat Dhuha memiliki banyak manfaat. Manfaat tersebut antaranya adalah olahraga tanpa disadari dan membuat tubuh makin bugar, melancarkan sistem peredaran darah, menormalkan produksi hormon, menenangkan jiwa, mencegah dan mengatasi stres, bikin awet muda, membuat wajah terlihat cerah dan berseri serta membuka pintu rezeki dari langit dan bumi di siang maupun malam, di tempat yang jauh maupun dekat, baik yang sulit maupun mudah didapat. 

Oleh karenanya, marilah mulai rutin mendirikan salat Dhuha. Jika sudah terbiasa mendirikannya, makin tingkatkan dan dirikan dengan tulus ikhlas. Jika belum terbiasa, mulai biasakan diri dan rasakan berbagai macam manfaat serta keutamaannya.

Bagikan artikel ini: