Dorong UMKM go digital, Wamendag jajaki gandeng Google

Selasa, 19 Mei 2020 | 05:45 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pemerintah mendorong pemanfaatan teknologi bagi sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) agar bisa berkembang.

Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga pun tengah menjajaki kerjasama dengan Google Indonesia, yang meliputi penyediaan fitur yang menunjang bisnis UMKM.

"Dalam kondisi seperti ini peran teknologi informasi menjadi sangat penting untuk menunjang aktivitas pemerintahan, bisnis, maupun masyarakat. Untuk itu dukungan teknologi adalah faktor yang menentukan dan kita berterima kasih atas bantuan Google," kata dia melalui keterangannya, Senin (18/5/2020).

Jerry mengungkapkan kerjasama bersama perusahaan raksasa teknologi diharapkan membawa dampak positif bagi operasional UMKM dalam negeri. Setelah mayoritas pelaku bisnis di sektor ini mengalami kerugian cukup parah akibat wabah virus corona atau Covid-19.

Tak hanya itu, kerjasama melibatkan UMKM ini diharapkan membantu pemerintah dalam mempercepat pemanfaatan teknologi di kawasan Timur Indonesia. Mengingat potensi ekonomi di wilayah ini masih belum dimanfaatkan secara maksimal.

Pun lewat teknologi pembangunan di Indonesia Timur bisa berjalan lebih cepat, layaknya di wilayah Indonesia Bagian Barat yang sudah lebih maju. Imbasnya kesejahteraan masyarakat akan lebih baik.

"Potensi kawasan itu harus tercermin melalui kesejahteraan warganya. Dengan bantuan Google Indonesia, kita bisa meningkatkan pemanfaatan teknologi sehingga kawasan Timur Indonesia bisa bergerak secepat kawasan barat," pungkasnya. kbc10

Bagikan artikel ini: