Kandung antioksidan, kopi bisa tingkatkan imun tubuh?

Selasa, 19 Mei 2020 | 06:26 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Minumm kopi hangat seakan sudah menjadi kebiasaan sebagian orang di Tanah Air. Selain dipercaya mampu melawan rasa kantuk dan menjado gaya hidup, minum kopi ternyata bisa meningkatkan imun alias daya tahan tubuh.

Seperti dilansir dari laman Copeman Health Care, minum kopi dipercaya dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh karena kandungan antioksidan di dalamnya. 

Ahli gizi Ashley Reaver juga mengatakan, kandungan antioksidan dalam kopi membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu memerangi inflamasi. 

"Secangkir atau dua cangkir kopi per hari membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh," ucap Reaver, dilansir dari laman theraflu. 

Kandungan antioksidan di dalam kopi juga membantu mengurangi risiko jenis kanker tertentu, masalah kesehatan jantung, diabetes, osteoporosis dan penyakit neurologis. 

Hal tersebut juga telah dibuktikan dalam riset yang diterbitkan Pharmacology & Therapeutics di tahun 2006. Dalam riset tersebut, terungkap bahwa kafein dalam kopi dapat menekan produksi sitokin pro-inflamasi yang memiliki manfaat antibodi sehingga berefek positif pada pasien dengan penyakit radang kronis seperti radang sendi atau psoriasis. 

Namun, manfaat tersebut bisa Anda didapatkan jika mengonsumsi kopi dalam jumlah yang wajar, yaitu tiga hingga empat cangkir. 

Pasalnya, konsumsi kopi berlebihan bisa berefek negatif pada tubuh karena kandungan kafein di dalamnya. Laman Copenman Health Care menyebut, terlalu banyak kafein dapat menurunkan kemampuan sistem kekebalan tubuh kita untuk melawan infeksi. 

Selain itu, konsumsi kafein berlebihan dapat meningkatkan hormoin kortisol yang bisa meningkatkan kadar gula, kolesterol, dan trigliserida dalam darah. 

Mengkonsumsi kafein dosis tinggi juga dapat menyebabkan atau memperburuk serangan panik, kecemasan, gelisah, gugup, susah tidur, sakit perut, takikardia, mudah tersinggung, dan kecanduan. 

Kafein dalam kopi juga bisa menyebabkan insomnia. Melansir The Health Site, kafein dalam kopi dapat memblokir reseptor adenosin di otak. Inilah yang menjadikan kopi dapat meningkatkan kewaspadaan dan produktivitas.  

Sayangnya, efek tersebut dalam jangka panjang bisa menyebabkan insomnia. Padahal, kurang tidur bisa meningkatkan kadar kortisol yang melemahkan sistem kekebalan tubuh. 

Bagi ibu hamil, konsumsi kafein berlebihan juga bisa meningkatkan risiko bayi dengan berat lahir rendah. kbc10

Bagikan artikel ini: