Ada pandemi Covid-19, Ciputra Group kaji ulang proyek baru di 2020

Kamis, 21 Mei 2020 | 06:56 WIB ET
Senior Director Ciputra Group, Sutoto Yakobus
Senior Director Ciputra Group, Sutoto Yakobus

SURABAYA, kabarbisnis.com: Sektor properti menjadi salah satu yang ikut terdampak pandemi Covid-19. Kalangan pengembang pun terpaksa mengkaji ulang ekspansi untuk pengembangan proyek baru yang sudah dijafwalkan akan dirilis tahun ini.

Senior Director Ciputra Group, Sutoto Yakobus menuturkan, pandemi Covid-19 memang tak pernah dibayangkan akan terjadi. Kondisi ini membuat perusahaan harus mengkaji ulang rencana ekspansi yang sudah ditetapkan di awal tahun ini.

"Iya benar, Ciputra Group akan meninjau kembali peluncuran proyek-proyek baru di tahun ini. Ada yang tetap jalan memang, tapi juga ada yang harus ditunda dengan melihat kondisi yang berkembang," katanya pada press conference yang digelar secara virual di Surabaya, Rabu (20/5/2020).

Dikatakannya, kinerja perusahaan sejatinya bertumbuh cukup baik pada kuartal pertama tahun ini, tapi tak bisa memproyeksi jauh ke depan.

“Kuartal pertama secara umum masih cukup bagus. Namun untuk semester I secara umum diprediksi penjualan bisa jadi meleset. Namun kami berharap paling tidak bisa mencapai 60 persen dari target yang ditetapkan," ujar Sutoto.

Namun demikian, pihaknya cukup bersyukur bahwa di tengah pandemi Covid-19 saat ini, sejumlah proyek Ciputra Group di Jawa Timur masih mencatatkan penjualan positif, seperti The Taman Dayu di Pandaan, Pasuruan, serta CitraGarden di Sidoarjo.

"Kita mengapresiasi kreativitas yang dilakukan manajemen dan marketing proyek-proyek kita dalam menjalankan srategi penjualan secara digital, dan ternyata mampu menggaet konsumen," tuturnya.

Associated Director Ciputra Group, Lauw Hendra menyatakan, pembangunan masih tetap berjalan normal di tengah pandemi Covid-19, sehingga jadwal penyerahan unit kepada konsumen diyakini akan tetap sesuai jadwal.

"Tahun ini kia menjadwalkan tiga penyerahan unit ke konsumen, seperti tower Cornell dan Denver di apartemen CBD CitraLand, juga serah terima unit rujo dan rumah di NorthWest Park di CitraLand.Utara," ujarnya.

Untuk penjualan ke depan, pihaknya pun mengantisipasi dengan menyiapkan paket-paket promo menarik yang bisa menggairahkan penjualan.

Direktur Cipura Group, D Agung Krisprimandoyo menambahkan, pandemi Covid-19 memang membuat banyak pengembang yang terdampak lantaran pembelian properti jadi menyusut. Terlebih, kemampuan beli properti makin susut selain akibat pengetatan oleh perbankan, juga daya beli konsumen yang lesu.

"Namun dengan pandemi ini, ada perubahan yang mendasar dalam strategi penjualan, dimana mulai menyesuaikan dengan new normal, melalui digital marketing, selain juga menerapkan protokol-protokol kesehatan sesuai ajuran pemerintah, selain juga terus memantau perkembangan pasar," ujar Agung. kbc7

Bagikan artikel ini: