Ke pengusaha Surabaya, Sandi Uno beber strategi bisnis tumbuh di era `New Normal`

Kamis, 21 Mei 2020 | 11:03 WIB ET

SURABAYA - Founder OK OCE Indonesia, Sandiaga Uno, membagikan beberapa strategi agar bisnis tetap tumbuh dan berkembang di era new normal.  Pandemi Covid-19 akan mengubah kebiasaan masyarakat kita menjadi lebih baik ke depan.

Menurut Sandi, pada saat pandemi mulai terjadi, mobilitas semua orang menjadi terbatas. Hal itu secara langsung memberi tekanan terhadap perekonomian. Ia mengajak masyarakat untuk bangkit kembali dan beradaptasi dengan New Normal. Oleh sebab itu, Ia mengingatkanuntuk merencanakan strategi mutakhir agar bisnis tetap tumbuh dan berkembang di era New Normal.

“Koreksi rencana bisnis, beradaptasi terhadap dampak krisis. Petakan risiko, buat rencana mitigasinya. Jangan lupa untuk memasukkan aspek penghematan dan pertahankan biaya-biaya utama. Terapkan juga perencanaan dengan skenario terburuk dan tentu alternatif terbaik. Jangan lupa prediksikan dana untuk tiga bulan kedepan,” ungkap Sandi melalui webinar MPM Berbagi bersama OK OCE  dan KADIN Surabaya bertema New Normal Growth Strategy in Disruptive Era, Rabu sore (21/5/2020).

Lebih lanjut ia mengatakan, semua orang harus bersiap karena pada saatnya usaha akan dibuka kembali secara bertahap (sektor demi sektor) dengan tetap meminimalisasi risiko kesehatan masyarakat, sekaligus memulihkan kegiatan ekonomi.

“Tentukan tingkat risiko kesehatan dari setiap jenis pekerjaan. Tentukan jenis pekerjaan mana yang memiliki pengaruh terbesar pada perekonomian. Petakan risiko kesehatan dan pengaruhnya pada perekonomian,” jelas dia.

Tidak hanya itu, Sandi bersama MPM Berbagi melalui OK OCE Peduli juga memberikan bantuan kepada pelaku usaha terdampak Covid-19 saat acara webinar tersebut. (*)

Bagikan artikel ini: