Honda Jazz facelift siap meluncur di India, tak banyak berubah

Jum'at, 22 Mei 2020 | 06:36 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Honda Car India mengungkap teaser Honda Jazz facelift mulai 20 Mei 2020. Dari gambar yang diposting di lamar resmi Honda Car India, Jazz facelift masih menggunakan basis Honda Jazz lawas, sama seperti yang dipasarkan di Indonesia.

Artinya, pasar India tidak akan memasukkan Honda Jazz generasi ke-4 (Honda Fit) yang diluncurkan di Tokyo Motor Show pada Oktober 2019. 

Di India, model ini hanya akan ditawarkan dalam pilihan mesin bensin. Opsi mesin diesel sepertinya tidak akan dipilih seperti halnya pada model sebelumnya. Menurut Honda India seperti dilaporkan Rushlane.com, 20 Mei 2020, mesin diesel untuk Honda Jazz kurang diminati konsumen. Komposisi penjualan mesin bensin pada Honda Jazz di model sebelumnya mencapai 80 persen.

Jazz baru diperkirakan tidak akan mengalami perubahan besar. Perubahan ringan hanya mencakup beberapa hiasan krom, lampu depan LED, lampu kabut LED, lampu belakang LED, dan velg dengan desain baru yang lebih sporty. Selebihnya masih sama seperti model sebelumnya. Sayangnya, belum ada informasi apapun terkait ubahan yang dilakukan pada bagian interior. 

Di India, Jazz ditenagai mesin empat silinder NA i-VTEC 1,2 liter yang menghasilkan 89 bhp (90 PS) / 110 Nm. Penggunaan mesin 1,2 liter ini lebih kepada regulasi emisi di India. Tenaga mesin ini dikawinkan dengan transmisi manual 5-percepatan atau otomatis (CVT). Di Indonesia, Honda Jazz menggunakan mesin 1,5 liter, 4 silinder segaris, 16 katub + teknologi drive by wire. Mesin sanggup menghasilkan daya 120 PS dan torsi 145 Nm. 

Sementara itu Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor, Yusak Billy mengakui, penyegaran model, termasuk Honda Jazz, merupakan salah satu komitmen perusahaan untuk memberikan produk terbaik bagi konsumen. Ia tak bersedia merinci kapan model facelift hatchback kompak terlaris di Indonesia itu akan dirilis.

"Saya belum bisa menyampaikan secara detail rencana peluncuran model baru, tapi penyegaran model merupakan salah satu strategi kami," ujar Billy di sela perayaan 20 tahun Honda C-RV di Bandung, beberapa waktu lalu. kbc10

Bagikan artikel ini: