Gandeng sekolah kejuruan, SBI produksi masker dan berbagi sembako ke masyarakat sekitar

Jum'at, 22 Mei 2020 | 21:57 WIB ET
Community Relations Coordinator SBI, Nur Lailiyah saat penyerahan secara simbolis bantuan sembako kepada Setda Kabupaten Tuban.
Community Relations Coordinator SBI, Nur Lailiyah saat penyerahan secara simbolis bantuan sembako kepada Setda Kabupaten Tuban.

TUBAN, kabarbisnis.com: Melakukan aksi nyata untuk dapat terus membantu meminimalisir penyebaran virus Corona (Covid-19) di sekitar area operasionalnya, PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI) Pabrik Tuban, bekerjasama dengan SMKN 1 Tambakboyo, Tuban, dengan memproduksi lebih dari 4000 masker kain. Masker ini dibuat oleh siswi siswi Jurusan Tata Busana SMKN 1 Tambakboyo. 

Produk masker ini dibagikan kepada masyarakat di 6 Desa Ring 1, pasar pasar maupun di kota Tuban. Proses distribusi masker dilakukan bekerjasama dengan Kodim 0811 Tuban, Pemerintah Desa dan organisasi sosial masyarakat lainnya  sepanjang bulan April hingga Mei tahun 2020. 

 

Program pembuatan masker ini merupakan wujud kepedulian SBI Tuban akan upaya pencegahan dan penanggulangan Covid 19. Proses produksi tidak hanya berlandaskan kerjasama antar institusi, namun juga upaya penggalangan kerelawanan dan solidaritas bersama untuk berkontribusi dalam kewaspadaan Covid 19. 

Sekitar  50 siswi secara bergantian terlibat dalam produksi masker ini setiap minggunya, dimana setiap siswa mendapat giliran sekali dalam seminggu untuk proses produksi. Hal ini untuk memastikan tetap terjaganya kesehatan dan stamina para siswi yang terlibat. Selain itu,  protokol kesehatan juga secara konsisten diimplementasikan. Physical distancing, penggunaan masker, mencuci tangan dengan sabun atau penggunakan hand sanitizer menjadi keharusan. 

Sebelumnya SBI Tuban juga memproduksi 1000 baju hazmat untuk disumbangkan melalui Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Tuban dan menyumbangkan fasilitas cuci tangan di beberapa area layanan publik. Selain itu, bertepatan dengan Bulan Ramadhan serta sebagai kontribusi dalam Jaring pengaman sosial di masa Pandemi, SBI juga mendistribusikan 3500 paket sembako bagi masyarakat miskin di sekitar pabrik. 250 paket diantaranya didistribusikan melalui Baznas Tuban. Penyerahan bantuan sembako secara simbolik diterima secara langsung oleh Dr. Ir. Budi Wiyana, M.Si, Sekda Kabupaten Tuban pada 5 Mei 2020. 

Trayudi Darma menyatakan, SBI ingin dapat berkontribusi untuk membantu upaya penanggulangan dan pencegahan Covid-19 yang dilakukan pemerintah Kabupaten Tuban dengan melakukan beragam program secara nyata.

"Pembuatan masker, bantuan APD sertapembagian sembako ini merupakan sinergi yang sangat positif dan meningkatkan hubungan baik dengan para pemangku kepentingan. Semoga bantuan ini dapat memberikan kontribusi positif dalam menghadapi kondisi yang penuh tantangan di masa pandemi ini," jelasnya melalui keterangan tertulis, Jumat (22/5/2020). kbc7

Bagikan artikel ini: