Mau buka kembali gerai saat new normal, ini panduan buat UMKM

Jum'at, 29 Mei 2020 | 10:20 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) menyarankan agar para pengusaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang ingin membuka kembali toko atau gerai di masa new normal untuk tetap mengedepankan protokol kesehatan di atas segalanya.

Hal itu terungkap dari video yang disebarkan Kemenkop UKM seperti dilansir, Kamis (28/5/2020). Setiap pelaku UMKM pun diminta mengedepankan dan lebih peduli dengan pola hidup bersih dan sehat.

Setiap orang wajib menggunakan masker. Hal ini tidak hanya berlaku bagi para pekerja saja tetapi juga diwajibkan untuk tamu atau para pembeli yang mengunjungi usaha. Harus dipastikan juga karyawan yang bertugas tidak dalam keadaan sakit alias harus fit.

Setiap pengunjung wajib untuk diperiksa suhu tubuhnya. Suhu badan tidak boleh berada di atas 37 Derajat Celsius.  Bagi petugas yang berjaga di depan pintu sebaginya selalu disenjatai dengan hand sanitizer. Sehingga jika ada tamu atau pelanggan akan masuk ke toko bisa langsung mencuci tangannya.

Toko atau gerai UMKM juga wajib menjaga alur keluar dan masuk bagi pengunjung atau pelanggan. Hal ini untuk menghindari kerumunan sehingga mampu mencegah penyebaran virus Corona.

Selalu ingatkan kepada karyawan untuk menjaga jarak. Jangan lupa karyawan juga harus selalu mengingatkan kepada para pengunjung atau pelanggan untuk juga menjaga jarak.

Beri tanda jaga jarak yang gampang terlihat di posisi posisi tertentu seperti antrean kasir, lift dan tangga berjalan.

Khusus untuk kasir, lebih baik untuk disiapkan sistem yang menggunakan sistem pembayaran non tunai. Siapkan juga alat pembayaran digital untuk meminimalisir kontak fisik.

Jangan lupa untuk selalu melakukan sterilisasi fasilitas toko atau gerai yang rawan penularan virus dan semprotkan disinfektan secara berkala. kbc10

Bagikan artikel ini: