Direktur PTPN XI pastikan kesiapan giling PG Asembagoes

Senin, 1 Juni 2020 | 17:18 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Direktur PT Perkebunan Nusantara XI Dwi Satriyo Annurogo melakukan rangkaian kunjungan kerja untuk memastikan kesiapan Giling tahun 2020 Pabrik Gula PTPN XI yang akan dimulai Minggu pertama Juni.

Kunjungan direksi diawali ke PG Assembagoes. Pabrik gula tersebut mendapat perhatian khusus karena adanya program revitalisasi berupa modernisasi dan penambahan kapasitas, sehingga tahun 2020 sekaligus menjadi ujicoba performa pabrik.

Selain memastikan kondisi pabrik siap giling, Dwi juga meninjau salah satu HGU yang dimiliki PG Assembagoes yakni HGU Asembagus.

"Potensi yang dimiliki HGU Asembagus sangat besar sehingga harus dioptimalkan dan dijaga dengan performa kinerja pabrik mengingat pembentukan rendemen sesungguhnya ada di kebun. Sementara proses di pabrik hanya memunculkan potensi rendemen yang telah terbentuk tersebut," ujar Dwi di Surabaya, Senin (1/6/2020).

Untuk mengatasi permasalahan yang terjadi di PG Assembagoes, Dwi Satriyo Annurogo menggunakan tiga pendekatan penyelesaian yakni equipment (peralatan), proses dan pengoperasiannya (SDM).

Dengan langkah tersebut, PTPN XI optimis bisa mengoptimalkan bahan baku yang tersedia untuk giling tahun 2020, terlebih PG Assembagoes sudah siap giling di tahun 2020 ini. Hal ini akan mensuport kembali kabupaten Situbondo sebagai lumbung tebu Jawa Timur.

Target PG Assembagoes di tahun giling 2020 adalah menggiling kisaran 300ribu ton tebu dengan hasil kurang-lebih 24ribu ton gula kristal putih. Target tersebu meningkat bila dibanding tahun sebelumnya yakni giling 200ribu ton tebu yang dikarenakan kinerja pabrik belum optimal karena masih dalam proses revitalisasi.

Adapun untuk seluruh area wilayah, PTPN XI tahun 2020 ini menargetkan total produksi gula sebesar 346 ribu ton yang didapatkan dari bahan baku tebu sebanyak 4,2 juta ton.

Saat ini adalah kondisi pandemi Covid-19, PTPN XI juga sudah menerapkan protokol-protokol pencegahan dan penanganan Covid-19 di seluruh kegiatan, sehingga keberlangsungan usaha khususnya giling 2020 diharapkan bisa berjalan dengan baik dan lancar, untuk mendukung ketersediaan gula kristal putih nasional.kbc6

Bagikan artikel ini: