Data bandwidth untuk unduh aplikasi melonjak selama pandemi Covid-19

Selasa, 2 Juni 2020 | 19:18 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pandemi Covid-19 dan penerapan social distancing mendorong masyarakat harus bekerja, belajar dan beribadah di rumah. Aktivitas berselancar di dunia maya pun menjadi salah satu pilihan. Tak heran, ini menjadi salah satu faktor pendorong peningkatan angka unduhan aplikasi mobile.

Menurut laporan perusahaan riset pasar aplikasi mobile Sensor Tower, seperti dikutip, Selasa (2/6/2020), kondisi itu secara langsung berdampak terhadap peningkatan konsumsi data pita lebar (bandwidth) signifikan di dunia.

Peningkatannya pun ada dalam jumlah yang signifikan. "Jumlah data yang digunakan untuk pemasangan pertama kali dari 250 aplikasi seluler teratas di seluruh dunia pada Q1 2020 tumbuh 34 persen dari kuartal tahun lalu menjadi 596 petabyte, atau 596 juta gigabyte, dan naik 52 persen dari rata-rata tiga tahun dari 391 petabyte untuk kuartal pertama," Randy Nelson, Head of Mobile Insights di Sensor Tower.

Randy membandingkan data tersebut dengan data periode sebelumnya pada tahun lalu. Pada kuartal I-2019, total bandwidth yang digunakan untuk mengunduh 250 aplikasi teratas di App Store dan Google Play Store secara global mencapai 446 petabyte.

Angka ini berarti penurunan 4 persen dari total 464 petabyte untuk periode kuartal I-2018.

Tak cuma soal bandwith, hal ini juga terjadi di banyak aspek lain. Salah satunya pemesanan makanan online yang mencapai 143 persen, dan akan melonjak lagi 1,5x lipat ke depannya. Pun juga dengan kegiatan belajar-mengajar yang berpindah secara virtual. kbc10

Bagikan artikel ini: