SIK PCU dan Polinema Fasilitasi 15 Startup Lakukan Pitching Ide Bisnis di Depan Investor

Senin, 21 Agustus 2023 | 12:40 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Sentra Inovasi dan Kewirausahaan (SIK) PCU bekerja sama dengan Politeknik Negeri Malang (Polinema) dan Rumah Inovasi Pasila kembali menggelar Business Matching 2023. Sebanyak 15 startup yang telah dibina sebelumnya telah melakukan pitching ide bisnisnya di hadapan para investor.

“Ada sembilan startup dari PCU dan enam dari Polinema. Sebelumnya startup dari PCU ini telah melewati masa inkubasi kurang lebih satu hingga dua tahun. Business Matching ini merupakan pertemuan para startup pilihan dengan investor potensial. Harapannya, ada ide atau gagasan yang kemudian terbentuk menjadi kerja sama komersialisasi produk inovasi," ujar Kepala SIK PCU, Felix Pasila, S.T., Ph.D. dalam keterangan tertulis, Surabaya, Senin (21/8/2023)

Ke-15 startup founder ini telah mempresentasikan produk termasuk menunjukkan prototype barang yang siap dipasarkan ke hadapan para investor pada Sabtu (19/8/2023). Di antara para investor ini ada PJCI (Prakarsa Jaringan Cerdas Indonesia), Korika, Pusaka Prakasa Engineering, Profestama, CTO Miota, Surabaya Wier, SPS Coorporate, Luwes Inovasi Mandiri, dan YLabs.

Sebelum para peserta mempresentasikan produk-produk mereka, Founder dan Chairman PJCI Ir. Eddie Widiono, MM., M.Sc. bersama Presiden KORIKA Hammam Riza, berkesempatan memberikan pemahaman mengenai bagaimana membangun bisnis yang baik, business model yang sustainable, strategi mencari investor. Hingga membangun karakter serta personal branding.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penandatanganan MoU antara PCU dengan PJCI yang merupakan perusahaan jaringan listrik dengan tekonologi digital dan canggih untuk memantau dan mengelola transportasi listrik dari semua sumber pembangkit. Kerja sama ini ini termasuk kerja sama riset dan inovasi.

Berangkat dari kepedulian untuk mengembangkan startup di Indonesia, SIK PCU sendiri telah berjalan sejak 2018. Para startup yang bergabung di SIK PCU ini mendapatkan seed funding, pendampingan dan kesempatan bertemu dengan Venture Capitalist (investor) melalui kegiatan Business Matching ini.

Startup PCU yang hadir dalam Business Matching 2023 kali ini antara lain Hypercool (Alat eliminasi panas laptop gaming up to 20°C), Logic Academia (Board game untuk melatih logika dengan teknologi Artificial Reality (AR)), Ngescrip (Creative and agile team who fostering young people to build creative ideas, write "scripts", and make them happen) dan SeaBening (Alat penjernih air laut menjadi air tawar dengan konsep mobile machine).

Selain itu juga ada Sistem Pemfilteran Kata (pemfilteran audio secara live untuk kata kurang pantas), Trashpoint (Tempat sampah baterei dan plastic berbasis AI-energi terbarukan), Tutup Galon Ergonomis (tutup galon ergonomis dengan daya cengkram maksimal mudah dibuka tanpa menggunakan alat), Urotech (Urinoir Dengan Sensor Pendeteksi Kesehatan), dan VR Lab (Modul edukasi berbasis VR untuk membantu guru meningkatkan minat belajar siswa).

Sekilas tentang Petra Christian University (PCU), sebuah universitas swasta yang berdiri sejak tahun 1961 bertempat di Surabaya, Indonesia. PCU memiliki fakultas-fakultas yang terkemuka di bidang pendidikan, teknologi, konstruksi, bisnis, dan industri kreatif.kbc6

Bagikan artikel ini: