Garap startup, Mandiri siapkan duit Rp500 miliar

Sabtu, 11 Maret 2017 | 21:46 WIB ET

BOGOR, kabarbisnis.com: Membuat perusahaan startup digital bisa jadi saat ini jadi salah bisnis yang paling berkembang pesat saat ini. Beberapa startup digital seperti transportasi online, bahkan saat ini sudah menjadi bagian hidup masyarakat.

Direktur Utama Bank Mandiri, Kartika Wirjoatmodjo, mengatakan pihaknya baru mulai fokus menggarap startup untuk beberapa rencana bisnis yang akan disasar. Bahkan, tahun ini bank pelat merah tersebut telah menyiapkan suntikan dana Rp 500 miliar.

"Kita baru mulai sih. Kita kan mengalokasikan Rp 500 miliar untuk startup ini. Kita yang sudah masuk Amarta. Amarta itu kan dasarnya pembiayaan skala super mikro untuk ibu-ibu. Jadi dia kasih (kredit) Rp 3 juta ke ibu-ibu yang berusaha di daerah Jawa Barat. Nah itu kita tertarik supaya kita bisa masuk ke super mikro karena Bank Mandiri enggak mungkin masuk ke super mikro," jelas Tiko, panggilan akrabnya, di Kampus IPB, Bogor, Sabtu (11/3/2017).

Amartha sendiri merupakan startup yang menyediakan platform website untuk peminjaman atau kredit online. Investor bisa menyetor dana ke sistem Amarta untuk kemudian disalurkan sebagai kredit mikro. Amarta menghubungkan orang yang membutuhkan uang dengan pihak lain yang ingin memutar uangnya.

Beberapa startup lain juga tengah dikembangkan Bank Mandiri lewat anak usahanya, Mandiri Capital. Seperti startup untuk menyediakan domain untuk usaha UKM.

"Kita masuk jadinya melalui Mandiri Capital ke Amarta. Lalu, contoh lain, kita masuk pemberi domain cloud untuk UKM. Kalau UKM mau berbisnis e-commerce mesti punya akses cloud ya. Nah, intinya bagaimana kita selain kembangkan wirausahanya, kita juga mau komunitas pengusaha digital makin booming di Indonesia. Jadi kita mau bagaimana pengusaha muda ini masuk ke ranah digital supaya lebih mudah," terang Tiko. kbc10

Bagikan artikel ini: