Menteri Sofyan kejar penerbitan sertifikasi 7 juta di tahun depan

Kamis, 17 Agustus 2017 | 23:11 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pemerintah menargetkan penerbitan sertifikasi 7 juta lahan (ha) pada 2018.Akses ini terbuka khusus bagi masyarakat berpenghasilan rendah ,yang bermaslah legalitas asetnya."Tahun ini, kita menargetkan sertifikasi 5 juta lahan, dan nanti 2018 menjadi 7 juta," kata Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertahanan Nasional Sofyan Djalil di Jakarta, kemarin.

Sofyan mengutarakan hingga saat ini, aset masyarakat yang memiliki sertifikat baru sekitar 46 juta. Padahal, total ada 126 juta aset yang harus disertifikasi dan mayoritas dari aset itu adalah lahan.Sofyan menuturkan sedikitnya jumlah masyarakat kelas menengah dan bawah yang memiliki aset bersertifikat telah membuat mereka sulit mengakses perbankan."Dengan gencarnya sertifikasi lahan, rasio iklusi keuangan yang saat ini sebesar 64 persen diharapkan semakin meningkat," ujarnya.

Sofyan mengklaim masyarakat cukup antusias dengan kebijakan pemerintah menerbitkan sertifikasi tanah dan redistribusi aset. Saat ini, penyalurannya tercatat sudah mencapai 250.000 ha tanah dengan 1,3 juta sertifikasi siap diberikan.

"Selama ini konflik tanah cukup kuat. Baik dari masyarakat dengan masyarakat, masyarakat dengan swasta, hingga masyarakat dengan pemerintah. Ketika tidak ada sertifikasi maka masyarakat yang lemah akan menjadi korban," pungkasnya.kbc11

Bagikan artikel ini: