Mau bayar listrik hingga mengadu, PLN siapkan aplikasi ini

Kamis, 25 Juni 2020 | 10:59 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: PT PLN (Persero) tengah menyiapkan aplikasi dengan nama 'New PLN Mobile' untuk memenuhi kebutuhan terkait layanan aliran listrik. Aplikasi yang diluncurkan Rabu (24/6/2020) tersebut guna menghimpun tanggapan dan masukan yang menjadi acuan dalam pengembangan aplikasi.

"Pelanggan hari ini adalah pelanggan yang berbeda dengan lima atau sepuluh tahun lalu. Yang tidak mau berubah dan tidak mau mendengar, akan ditinggalkan pelanggan. Dan bisnisnya tidak akan tumbuh. Lewat PLN Mobile ini, kami ingin memberikan pengalaman baru kepada pelanggan, tentang kemudahan mendapatkan layanan listrik, menyampaikan keluhan, termasuk membayar tagihan bulanan," ujar Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini dalam keterangan tertulis, Rabu (24/6/2020).

Dijelaskannya, New PLN Mobile dapat digunakan untuk pembelian token listrik, pembayaran tagihan, pengajuan pasang sambungan baru dan tambah daya. Pelanggan juga dapat membuat pengaduan, hingga memantau posisi dan estimasi waktu tiba petugas yang akan melayani. Selain itu, kata Zulkifli, pelanggan dapat menerima notifikasi pemutusan jaringan saat ada pemeliharaan di daerahnya.

"Bahkan di aplikasi yang sudah kami perbarui ini, notifikasi bila ada pemutusan jaringan listrik karena pemeliharaan, pelanggan sudah bisa mengetahui terlebih dahulu, dan itu dicustomized hanya pada pelanggan yang terdampak saja informasi itu diberikan. Itu karena kami menggunakan teknologi geospatial, sehingga posisi setiap pelanggan dapat diketahui, dan informasi apa yang paling mereka butuhkan dapat dikelola secara akurat," ulas Zulkifli.

Aplikasi New PLN Mobile termasuk salah satu dari 20 terobosan PLN yang dikembangkan dari pengalaman para PLNers dalam memberikan pelayanan ketenagalistrikan. Dua puluh terobosan tersebut, disatukan dalam program Transformasi PLN yang mencakup empat fokus utama.

Keempat aspek dalam terobosan PLN tersebut, antara lain Lean, yakni memastikan pengadaan listrik yang andal dan efisien. Berikutnya, aspek Green, yakni fokus PLN dalam meningkatkan kapasitas pembangkitan dengan fokus pada EBT, untuk mendukung tercapainya pengadaan listrik yang lebih ramah lingkungan. Selanjutnya, aspek Innovative, dalam rangka meraih pendapatan dari sumber-sumber baru seperti fiber optic dan kendaraan elektrik. Aspek lainnya, Customer focused, merupakan upaya PLN menjadi pilihan nomor satu bagi pelanggan dan mengejar target 100% elektrifikasi.

Zulkifli menambahkan, aplikasi New PLN Mobile terlebih dahulu diuji coba kalangan internal agar dapat disempurnakan sebelum dirilis ke publik.

"Sebelum kami sajikan kepada pelanggan, kami harus memastikan semuanya berjalan baik dan tanpa gangguan. Memastikan layanan telah sempurna. Oleh karena itu, mulai hari ini kami minta seluruh pegawai untuk mencobanya. Kami juga mengimbau mereka untuk mengajak keluarga pegawai PLN untuk mencoba, dan menyampaikan masukan kepada kami untuk disempurnakan," kata Zulkifli. kbc10

Bagikan artikel ini: