Ini alasan investor China pilih relokasi bisnis ke Vietnam ketimbang Indonesia

Rabu, 18 September 2019 | 07:51 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Lokasi yang berdekatan antara China dengan Vietnam membuat investor China lebih memilih negara tetangganya tersebut sebagai tujuan relokasi bisnis ketimbang ke Indonesia. 

Hal ini ditegaskan Chairman dari China National Committee for Pacific Economic Cooperation, Su Ge. Menurutnya, lokasi Vietnam yang dekat China memberikan negara itu keuntungan.

"Perbedaan mendasarnya adalah Vietnam terlalu dekat ... Lokasinya karena dekat dari Guanxi, jadi mereka mereka (perusahaan) dapat berpindah," ujar Su Ge kepada Liputan6.com usai dialog internasional CSIS di Jakarta, Selasa (17/9/2019).

Beberapa waktu lalu Presiden Joko Widodo sempat marah ke kabinetnya karena banyak perusahaan asal China yang memilih pindah ke Vietnam ketimbang Indonesia. Jokowi menduga ada kesulitan aturan investasi.

Mantan Duta Besar di Suriname dan Islandia itu menyebut, Indonesia tetap memiliki keunggulan berupa lokasi strategis, yakni ada antara Asia, Samudera Hindia, dan Australia. Ia pun bercerita ekonom China menilai Indonesia semakin menarik sebagai lokasi investasi karena perusahaan di Vietnam sudah banyak.

"Ada seorang ekonom pada sebuah konferensi, ia bilang sudah banyak perusahaan di Vietnam ... Dan ekonom itu memandang Indonesia sebagai salah satu tujuan investasi terbaik," ungkap Su ge.

Menurut Su Ge, keunggulan lain dari Indonesia adalah masyarakat yang bersahabat, pekerja keras, dan konektivitas yang semakin baik. Pria itu pun baru mengunjungi Bogor dan terkesima dengan jalan di sana.

Ia pun berharap konektivitas Indonesia semakin meningkat dengan menggenjot jalur kereta api. Industri pariwisata Indonesia juga dianggap menjanjikan karena ternyata banyak orang China datang ke Bali.

"Ketika mereka pulang, mereka bisa bercerita soal keindaham alam, orang-orang yang bersahabat, dan yang paling penting hubungan kedua negara kita sangatlah baik," ucap Su Ge. kbc10

Bagikan artikel ini: