Masuki 2020, WhatsApp tak bisa dipakai di Windows Phone

Rabu, 1 Januari 2020 | 10:36 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: WhatsApp mengumumkan sudah tidak bisa dijalankan di smartphone dengan sistem operasi Windows Phone, mulai Selasa (31/12/2019) kemarin. Para pemilik ponsel dengan OS besutan Microsoft itu dilaporkan sudah tidak bisa lagi mengirim ataupun menerima pesan WhatsApp. 

Sebelumnya, WhatsApp memang sempat mengingatkan, dukungan untuk sistem operasi Windows Phone sudah dicabut. Dan, aplikasi percakapan instan itu di sistem operasi tersebut bisa berhenti berfungsi sewaktu-waktu. 

Dengan demikian, semua ponsel Nokia Lumia dengan sistem operasi Windows Phone sudah tidak bisa menjalankan WhatsApp lagi. Termasuk, model-model terakhir seperti Lumia 650 yang masih dipasarkan hingga 2017. 

"Ini adalah keputusan yang sulit untuk kami, namun merupakan langkah yang tepat untuk memberikan cara yang lebih baik kepada para pengguna agar tetap berhubungan," tulis Whatsapp dalam sebuah pernyataan yang dihimpun dari Telegraph. 

WhatsApp mencabut dukungan untuk Windows Phone antara lain karena Microsoft selaku pemilik sistem operasi itu sudah menghentikan pengembangannya sejak beberapa tahun lalu. Support untuk versi terbarunya, Windows 10 Mobile pun sudah Microsoft hentikan pada awal Desember 2019.

Microsoft menyarankan para penggunanya untuk beralih ke Android atau iOS. Namun, dalam hal dukungan WhatsApp, Android dan iOS pun tak sepenuhnya aman. 

Versi-versi lawas dari dua sistem operasi mobile terpopuler itu akan menyusul nasib Windows Phone pada 1 Februari 2020. Setelah tanggal tersebut, WhatsApp hanya akan mendukung Android versi 4.0.3 atau yang lebih. kbc10

Bagikan artikel ini: