Tonton film Tegar, Walikota Eri: Sangat menginspirasi dan jadi penyemangat

Kamis, 17 November 2022 | 05:56 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Kisah bocah disabilitas dalam sebuah film berjudul "Tegar" mendapatkan pujian dari Walikota Surabaya Eri Cahyadi. Setelah menonton bersama sejumlah penyandang disabilitas di kota Surabaya, Kamis (16/11/2022) malam, Eri Cahyadi mengatakan bahwa film "Tegar" sangat menginspirasi dan menjadi penyemangat bagi semua orang, khususnya bagi penyandang disabilitas.

"Ini film yang luar biasa. Bahwa dalam keterbatasan itu pasti punya kelebihan.  Setiap manusia yang dilahirkan di bumi, itu pasti memiliki kekurangan dan kelebihan. Dari film inilah kita lihat bahwa seorang Tegar dengan kondisi seperti itu memiliki sebuah kelebihan. Dan itulah yang harus menjadi penyemangat kita, hidup kita," ujar Eri.

Dia menegaskan, jika seseorang memiliki semangat seperti yang dimiliki Tegar, maka dalam kondisi apapun, pasti bisa melewatinya. "Dan semangat seperti Tegar itulah yang harus hadir dalam diri kita. semoga film ini menginspirasi pada semuanya bahwa  kita harus sadar betul, dalam keterbatasan pasti ada kelebihan," tandas Eri lagi.

Dia mengungkapkan bahwa Pemerintah Kota Surabaya memiliki kepedulian yang tinggi terhadap penyandang disabilitas. Salah satu yang tengah dilakukan adalah dengan memberikan ruang berekspresi, ruang berkreasi bagi mereka di "Rumah Anak Berprestasi".

"Saya membuat rumah prestasi yang ada di Semolowaru itu adalah rumah untuk orang yang memiliki kelebihan seperti yang dicontohkan tegar ini. Setiap orang yang memiliki kekurangan pasti memiliki kelebihan dan orang yang memiliki kelebihan pasti memiliki kekurangan. Dari situlah saya mengumpulkan mereka di rumah prestasi," katanya.

Dengan berkumpul, maka akan membentuk sebuah komunitas, sehingga satu dengan yang lainnya bisa saling menguatkan, bukan saling merasa memiliki kekurangan. "Semoga film ini bisa memberikan semangat untuk kita semua, memberikan rasa kebersamaan dan meningkatkan kekuatan untuk saling berusaha," ujarnya.

Seperti diketahui, film yang disutradarai oleh Anggi Frisca adalah film keluarga yang mengangkat isu lingkungan dan sosial. Film yang diproduksi oleh Aksa Bumi Langit fan Citra Sinema ini bercerita tentang seorang anak tunadaksa yang ingin menggapai mimpinya. Dibintangi aktor cilik pendatang baru yang merupakan penyandang disabilitas, M. Aldifi Tegarajasa, beserta Deddy Mizwar dan Sha Ine Febriyanti.

Ibu kandung M. Aldifi Tegar Rajasa Fifit Sri Zunia mengungkapkan bahwa cerita yang ada di film Tegar merupakan kehidupan sehari-harinya. "Jadi memang semua aktifitas Tegar sudah mandiri. Mulai naik sepeda hingga makan, idenya keluar dari Tegar sendiri. Dari keluarga hanya ngasih semangat saja," ujarnya.

Film ini rencananya akan tayang di bioskop pada 24 November 2022 mendatang. Rabu (16/11/2022) kemarin adalah penayangan screening yang diadakan di XXI Tunjungan Plaza 3 Surabaya yang dihadiri oleh Walikota Surabaya Eri Cahyadi dan Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak.

Hadir juga dalam kesempatan tersebut aktor senior Dedy Mizwar yang memerankan tokoh "kakek". Screening diadakan di 11 kota berbeda di Indonesia dan Surabaya menjadi salah satu dari 11 kota tersebut.kbc6

Bagikan artikel ini: