Bandara Dhoho Kediri Siap Beroperasi, Hanya Saja...

Kamis, 18 Januari 2024 | 22:57 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Kementerian Perhubungan (Kemenhub) optimis Bandara Internasional Dhoho di Kediri, Jawa Timur sudah dapat dioperasikan. Hanya saja, operasional bandara masih menunggu kesiapan maskapai yang akan melayani rute penerbangan dari dan ke Kediri.

Konstruksi Bandara Dhoho telah rampung rampung dan selesai dikalibrasi pada akhir tahun lalu. Operator bandara tersebut adalah PT Angkasa Pura I, sementara maskapai yang berencana masuk perdana adalah PT Super Air Jet.

"Saat ini belum ada maskapai di Bandara Dhoho. Maskapai harus siap secara komersial. Bandaranya sudah dikalibrasi dan sertifikasi sudah selesai," kata Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati di Jakarta, Kamis (18/1/2023).

Adita mengakui pihaknya berharap agar bandara tersebut dapat beroperasi optimal sesegera mungkin. "Namun, sekali lagi, tergantung kesiapan maskapai," ujarnya.

Bandara Dhoho akan menjadi bandara internasional kedua di Jawa Timur. Lima maskapai, Super Air Z, Lion Air, Batik Air, Sriwijaya Air, dan Citilink rencananya akan terbang dari dan menuju bandara ini pada tahap awal operasionalnya.

Bandara Dhoho memiliki jalur perpindahan pesawat atau taxiway sepanjang 306 meter x 32 meter dan 438 meter x 32 meter. Gedung terminalnya memiliki luas 18.224 meter persegi sehingga dapat menampung 1,5 juta orang per tahun.

Bandara Dhoho diharapkan dapat menjadi bandara pengumpan di jalur Selatan Jawa yang melayani penerbangan domestik khususnya untuk masyarakat di 7 kabupaten/kota antara lain: wilayah Kabupaten dan Kota Blitar, Kabupaten dan Kota Kediri, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Trenggalek, dan Kabupaten Tulungagung. kbc11

Bagikan artikel ini: