Bunga deposito rurun, bank pelat merah tak khawatir nasabah kabur

Selasa, 03 Oktober 2017 | 16:08 WIB ET

DEPOK, kabarbisnis.com: Himpunan Bank Negara (Himbara) tidak khawatir dana masabah akan kabur setelah mereka menyepakati penurunan suku bunga deposito khusus atau special rate. Bunga deposito ini akan diturunkan menjadi 6,35 persen.

"Kalau semua bank lain sama kan tidak keluar. Yang paling besar kan bank kita itu, 3 bank (BUMN)," kata Ketua Himbara Maryono usai groundbreaking Transit Oriented Development (TOD) di Stasiun Pondok Cina, Depok, Jawa Barat, Senin (2/10/2017).

Saat ini rata-rata special rate di empat bank milik negara yaitu Bank Mandiri, BRI, BNI, dan BTN adalah 6,75 persen. Menurut dia penurunan dari Himbara sudah diikuti oleh bank lainnya sehingga tak perlu khawatir dana akan berpindah ke bank lain.

"Paling pindahnya kan ke bank kecil. Tapi bank kecil itu kemampuannya berapa persen. Dia mana mau menerima dana sebesar-besarnya, ya biayanya (bunga deposito) kan tinggi. Kalau mau ekspansi juga kan berapa," jelas dia.

Dirinya menambahkan, empat bank Himbara sudah sepakat untuk mengatur special rate yang sama untuk deposito. Semantara bank lain di luar Himbara akan dibatasi oleh aturan capping dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Saat ini, aturan capping untuk BUKU IV 75 bps dan BUKU III 100 bps di atas suku bunga acuan Bank Indonesia (BI). Namun bank sentral sendiri secara dua kali berturut-turut kembali menurunkan suku bunga acuan setelah mempertahankannya sejak awal tahun.

"Kita sudah ada kesepakatan dengan empat bank. Saya kira nanti semuanya akan menyusul. Bank buku IV kan paling BCA. Masa dia mau menampung semua. (aturan capping OJK) sebetulnya untuk menyamakan," pungkasnya. kbc10

Bagikan artikel ini: