Google siapkan lima fitur anyar di Android

Senin, 7 Desember 2020 | 09:30 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Google tengah menyiapkan sejumlah fitur terbaru di Android yang akan diluncurkan dalam beberapa pekan ke depan. Fitur baru tersebut mulai dari Gboard Emoji, Voice Access, hingga audiobook di Google Play. Fitur-fitur ini sangat berguna, karena akan terkait langsung dengan aplikasi tertentu.

Gboard mendapatkan pembaruan yang meningkatkan fitur Dapur Emoji, memungkinkan pengguna menggabungkan beberapa elemen visual yang akan menghasilkan emoji kustom. Diperkirakan kombinasi lebih dari 14.000, ditambah lagi dengan emoji yang disarankan secara otomatis oleh sistem.

Dilansir dari Neowin, Google juga membuat aplikasi Voice Access tersedia lebih luas, khususnya untuk perangkat Android versi 11.0. Voice Access memudahkan pengguna untuk mengontrol perangkat mereka hanya dengan menggunakan suara.

Fitur ketiga dari pembaruan Google akan menyediakan tab Buka di Google Maps. Pengguna dapat lebih mudah memberikan pintasan cepat ke tempat-tempat yang sering dikunjungi.

Beberapa lokasi juga bisa ditambahakan pada halaman ini untuk mendapatkan petunjuk arah dan informasi lalu lintas dengan lebih cepat.

Selanjutnya, fitur Nearby Share atau Berbagi Di Sekitar yang dapat digunakan untuk berbagi aplikasi dengan orang-orang di sekitar pengguna. Hebatnya lagi, fitur ini dapat berfungsi tanpa koneksi internet.

Fitur terakhir yaitu audiobook yang berguna untuk konversi otomatis buku teks ke format audio. Dengan begitu, pembaca (atau lebih tepatnya pendengar) tidak perlu lagi menunggu buku diubah menjad buku audio seperti biasa. kbc10

Bagikan artikel ini: