Akuisisi MotoGP dari Dorna, Pemilik F1 Liberty Media Siapkan US$4,53 Miliar

Rabu, 3 April 2024 | 14:11 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pemilik Formula 1 yang berbasis di AS, Liberty Media, mengumumkan pengambilalihan perusahaan induk MotoGP, Dorna senilai 4,2 miliar euro (US$4,53 miliar).

Meski demikian, Dorna akan tetap menjadi perusahaan independen yang dikaitkan dengan grup Formula Satu Liberty Media dan terus berbasis di Madrid. Carmelo Ezpeleta tetap pada posisinya sebagai CEO Dorna.

"Ini adalah langkah sempurna berikutnya dalam evolusi MotoGP, dan kami sangat antusias dengan pencapaian ini bagi Dorna, paddock MotoGP, dan penggemar balap," kata Ezpeleta, dikutip Rabu (3/4/2024).

Kesepakatan tersebut akan membuat Liberty Media mengantongi 86% saham Dorna dengan manajemen Dorna mempertahankan sekitar 14% kepemilikan sahamnya. Kesepakatan ini diharapkan selesai pada akhir tahun 2024.

Aksi korporasi ini mencerminkan nilai perusahaan sebesar 4,2 miliar euro untuk Dorna/MotoGP dan nilai sahamnya sebesar 3,5 miliar euro.

Dorna Sports, yang sekitar 40% dimiliki oleh perusahaan investasi swasta Inggris Bridgepoint Group, juga mempromosikan Kejuaraan Dunia Superbike dan MotoE serba listrik.

"Kami sangat senang dapat memperluas portofolio aset olahraga dan hiburan terkemuka kami dengan mengakuisisi MotoGP," kata Presiden dan CEO Liberty Media, Greg Maffei.

"Bisnis ini memiliki keuntungan yang signifikan, dan kami bermaksud mengembangkan olahraga ini untuk para penggemar MotoGP, tim, mitra komersial, dan pemegang saham kami," imbuhnya.

Pengambilalihan ini dapat menarik pengawasan regulasi. CVC Capital Partners, yang menjual Formula Satu ke Liberty pada tahun 2017, diizinkan oleh Komisi Eropa untuk membeli F1 pada tahun 2006 dengan syarat mereka menjual Dorna.

Badan Investasi Rencana Pensiun Kanada (CPPIB) membeli 39% saham Dorna dari Bridgepoint pada tahun 2012.

Sisa sahamnya dimiliki oleh manajemen Dorna, yang kepemilikannya turun menjadi 14% setelah pengambilalihan tersebut. kbc10

Bagikan artikel ini: