Paket lengkap dan harga terjangkau, ini spesifikasi lengkap Redmi 9C

Rabu, 27 Januari 2021 | 17:03 WIB ET

JAKARTA - Sejak memasuki pasar Indonesia pada awal bulan September tahun 2020 lalu, Xiaomi Redmi 9 masih terus diminati oleh para pencinta smartphone murah. Redmi 9c diketahui hadir dengan harga sekitar Rp 1 jutaan ketika pertam kali diluncurkan. Menawarkan spesifikasi yang menawan akhirnya membuat smartphone ini berhasil jadi idola baru di kelasnya.

“Di tanggal spesial ini, 9 September, kami mempersiapkan kejutan untuk konsumen Indonesia, sekaligus untuk merayakan ulang tahun kami ke-10 yang terjadi pada bulan Agustus lalu. smartphone Redmi 9C ini sangat spesial karena dirancang untuk generasi muda dan berjiwa muda,” ujar Country Director Xiaomi Indonesia Alvin Tse kala itu.

Lebih lanjut, Alvin secara spesifik menyebutkan bahwa smartphone Redmi 9C memang dirancang untuk generasi muda karena pada perangkat ini ada keunggulan empat komponen yaitu ukuran layar lebih besar, baterai dengan daya tahan lebih lama, kamera terbaik, serta performa lebih kencang dibandingkan dengan generasi sebelumnya yang dihadirkan oleh Xiaomi.

Seperti sebelum-sebelumnya, seri Redmi dengan nama angka seperti ini memang sengaja diterjunkan untuk pasar kelas entry level yang diisi oleh sederet smartphone murah. Walaupun bisa dibilang sebagai smartphone murah, Redmi 9C tetap mengusung sejumlah spesifikasi unggulan khas Xiaomi di dalamnya.

Xiaomi juga memastikan tidak ada gap atau jarak yang terlampau jauh untuk masing-masing seri, supaya bisa mencakup semua golongan konsumen. Sementara seperti yang kita tahu, untuk kelas smartphone sejutaan, selisih 50-100 ribu saja sudah sangat krusial bagi pembeli.

Sebagai informasi, smartphone Redmi 9C ini hadir mengisi kekosongan antara Redmi 9A dengan Redmi 9. Bagi kamu yang memiliki budget terbatas, tapi masih bisa untuk mengeluarkan kocek sedikit lebih banyak untuk fitur yang diberikan. Fitur kamera yang lebih lengkap serta kapasitas memori lebih lega.

Mengusung slogan “Jagoannya Kamera Kece”, smartphone Redmi 9C diketahui mempunyai setup tiga kamera utama di bodi belakangnya. Adapun, smartphone Redmi 9C hingga saat ini dijual di kisaran harga 1 jutaan rupiah. Lantas, apa saja nilai lebihnya? Berikut ulasan lengkapnya.

1. Desain Menarik

Xiaomi sebagai pabrikan gawai global asal Tiongkok ini diketahui rutin mengeluarkan ketiga seri smartphone kelas entrinya yang dibuat dengan versi berbeda. Masing-masing produk juga memiliki ciri khas yang menarik. Sebenarnya tidak ada salahnya juga jika ketiga versi ini pun memiliki desain yang seragam.

Sebagai informasi, smartphone Redmi 9C hadir dengan dua opsi warna yang cerah selain Midnight Grey, yaitu Sunrise Orange dan Twilight Blue. Bodinya sendiri terbuat dari material plastik doff, dengan tekstur garis yang cukup menarik, membuatnya menjadi tidak terlalu licin.

Adapun, sisi kiri dan kanannya dibuat sedikit melengkung atau tapered, sehingga lebih nyaman sekaligus terasa tipis ketika digenggam. Sedangkan untuk peletakan port-nya serupa dengan Redmi 9A, yaitu triple-slot SIM di kiri, jack audio 3,5mm di atas, tombol volume dan power di kanan.

Hal lainnya seperti mikrofon, port micro-USB dan mono speaker berada di bagian bawah smartphone Redmi 9C. Sementara di bagian belakangnya, ada sensor sidik jari yang cukup responsif, logo Redmi, serta modul kamera kotak yang sudah kekinian.

2. Layar Seluas 6,3 Inci

Sebagai informasi, smartphone Redmi 9C memiliki layar seluas 6,53 inci dengan panel IPS LCD. Selain itu, perangkat ini juga mampu menghasilkan resolusi HD+. Karena itu, layar pada smartphone Redmi 9C ini mampu menghasilkan tampilan warna dan gambar yang cukup tajam.

Apalagi, dengan adanya desain poni atau punch hole di bagian depan smartphone Redmi 9C yang membuat gambar dalam layar tampak lebih luas. Tingkat kecerahan pada perangkat ini maksimal hingga 400 nit yang dilengkapi dengan mode Sunlight. Setidaknya layar smartphone Redmi 9C diketahui punya reproduksi warna dan tingkat kecerahan yang baik di kelasnya, dengan akurasi warna NTSC 70%.

Menariknya, saat digunakan dalam kondisi matahari terik layar dari smartphone Redmi 9C ini masih terlihat cukup jelas. Selain itu, ada juga sertifikasi perlindungan cahaya biru yang membuat pengguna masih bisa tetap nyaman meskipun memandang layar dalam waktu lama. sertifikasi dari TUV Rheinland, ini membuktikan bahwa smartphone Redmi 9C mampu mengurangi emisi cahaya biru supaya lebih aman di mata ketika dipandang berlama-lama.

Minusnya adalah serupa dengan smartphone seri entry-level lainnya, Redmi 9C ini hadir tanpa perlindungan kaca khusus maupun lapisan anti gores dari pabrikan. Jadi kalau bisa, langsung pasang pelindung layar saja jika ingin layar smartphone Redmi 9C bebas dari goresan.

3. Triple Kamera

Bagian inilah yang spesial dari smartphone Redmi 9C jika dibandingkan dengan Redmi 9A. Dengan slogannya “Jagoannya Kamera Kece”, Redmi 9C hadir dengan dua sensor kamera tambahan di bodi belakangnya.

Selain sensor utama 13MP f/2.2 yang mendukung PDAF, juga hadir dua sensor 2MP f/2.4, masing-masing berperan untuk hasilkan foto objek dengan efek blur yang natural, serta foto jarak dekat atau makro.

Sebenarnya fitur potret sendiri juga hadir di smartphone Redmi 9A, namun karena murni olah digital, seringkali foto objek bukan manusia menjadi blur. Hal tersebut bisa teratasi dengan adanya sensor tambahan yang memang berperan sebagai depth sensor.

Namun sayangnya, saat sedang ambil foto potret, viewfinder tidak menampilkan simulasi efek bokeh pada latar objek. Sehingga ketika mengambil foto potret di smartphone Redmi 9C, kamu seperti sedang menebak teka-teki, apakah hasilnya bakal sesuai keinginan atau tidak.

Untuk kelas entry level, dengan harga di kisaran 1 jutaan Rupiah, tentunya kamera pada smartphone Redmi 9C sudah cukup bagus, walaupun dynamic range-nya menjadi lebih sempit. Adapun, smartphone Redmi 9C juga sudah dibekali Mode High Definition Resolution (HDR), Artificial Intellgence (AI) sampai mode professional dengan pengaturan ISO, shutter dan fokus peaking.

4. Performa Ciamik

Jika menengok jeroan yang dibekalkan, smartphone Redmi 9C mengalami peningkatan dibanding dengan sang kakak yaitu smartphone Redmi 9A. Tidak lagi mengandalkan MediaTek Helio G25, seri ini menggunakan MediaTek Helio G35 octa-core 2.3 GHz untuk menjadi otaknya.

Adanya peningkatan teknologi pada chipset yang digunakan juga berdampak pada performanya yang meningkat. RAM 3GB dan 4GB yang dibekalkan pada smartphone Redmi 9C ini juga sudah mampu mendukung berbagai aktivitas harian dengan cukup baik.

Saat digunakan untuk aktivitas sederhana seperti bermain media sosial, hingga chatting, ponsel masih bisa berjalan dengan baik. Tidak ditemukan masalah berarti, bahkan ketika digunakan untuk aktivitas multitasking.

Meski untuk menunjang aktivitas harian terbilang lancar, soal urusan game tidak banyak hal yang bisa diandalkan dari smartphone Redmi 9C ini. Hal ini rasanya cukup wajar mengingat smartphone Redmi 9C memang dihadirkan untuk kelas entry level dengan budget yang terbatas.

Teknologi HyperEngine yang disematkan pada chipset smartphone Redmi 9C ini tampaknya tidak mampu berbuat banyak. Hanya game-game yang membutuhkan kinerja grafis rendah yang dapat dimainkan dengan mulus.

Untuk antarmukanya, Xiaomi mempercayakan sistem operasi MIUI 12 berbasis Android 10 pada smartphone Redmi 9C ini. Antarmuka ini dibuat sedemikian rupa sehingga saat dibuka akan lebih banyak efek visual yang terlihat.

Hadir dengan banyak kustomisasi seperti tema dan ringtone bertema khusus, tampilan antarmuka smartphone Redmi 9C dibuat lebih flat atau sederhana, dengan elemen-elemen yang menarik seperti di bagian About phone. Informasi yang disajikan tak hanya sekadar teks yang membosankan.

Soal urusan keamanan, pengguna juga tidak perlu khawatir. Meski harganya murah, smartphone Redmi 9C sudah membekali perangkat ini dengan sensor sidik jari di bagian belakang gawai. Selain itu, ada juga fitur AI Face Unlock yang akan menambah keamanan data smartphone Redmi 9C ini.

5. Baterai Yang Cukup Besar

Sektor baterai tampaknya menjadi salah satu nilai jual lainnya dari smartphone Redmi 9C ini. Dengan harga murah yang ditawarkan, smartphone Redmi 9C diketahui telah dibekali baterai berkapasitas 5.000 mAh. Disebutkan jika baterai ini dapat bertahan hingga 1000 kali siklus pengisian daya.

Saat digunakan untuk memutar musik, baterai pada smartphone Redmi 9C bisa bertahan hingga 167 jam, sedangkan untuk bermain game bisa bertahan hingga 10 jam. Jika hanya digunakan untuk aktivitas harian seperti media sosial dan chatting, baterai pada smartphone Redmi 9C bisa bertahan hingga 48 jam atau sekitar 2 hari.

Jika baterai habis pun, hanya butuh waktu sekitar 3 jam untuk mengisi daya smartphone Redmi 9C hingga kembali penuh dengan menggunakan charger bawaan 10W.

6. Bodi Anti-Selip

Meski tergolong sebagai smartphone entry-level, namun Redmi 9C memiliki desain bodi yang cukup sedap dipandang. Terdapat motif garis yang menghiasi setiap sudut permukaan punggung smartphone Redmi 9C ini.

Ketika digenggam, bagian punggung smartphone Redmi 9C memberikan kesan yang nyaman dan anti-selip. Smartphone Redmi 9C ini turut dibekali dengan tiga jenis kamera dan satu lampu LED yang dimuat dalam modul berbentuk persegi.

Adapun, ketiga kamera tersebut terdiri dari kamera utama 13 MP, kamera makro 2 MP, dan kamera depth 2 MP. Modul pemindai sidik jari atau fingerprint, yang berbentuk bulat khas Xiaomi pun turut hadir pada smartphone Redmi 9C ini. Laci SIM card pada smartphone Redmi 9C bisa memuat dua buah kartu nano SIM, berikut kartu memori microSD.

Beralih ke sisi depan, smartphone Redmi 9C memiliki layar berjenis IPS seluas 6,53 inci beresolusi HD Plus. Terdapat satu buah kamera selfie beresolusi 5 MP yang tersemat di dalam poni atau punch hole berbentuk tetesan air (waterdrop).

Tombol power dan volume dapat terlihat menempati sisi kanan smartphone Redmi 9C, sedangkan port jack audio 3,5 mm dapat ditemukan pada sisi bagian atas ponsel. Redmi 9C masih menggunakan konektor tipe micro-USB untuk keperluan mengisi daya baterai dan tranfer daya. Letaknya di sisi bawah, berdampingan dengan grille speaker.

Tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk mendapatkannya, kamu tetap bisa mendapatkan value yang tinggi ketika menggunakan smartphone Redmi 9C. Desainnya yang keren lengkap dengan tiga kamera belakang berkualitas membuat Redmi 9C terlihat lebih unggul dari smartphone lain di kelasnya. Jika punya bujet yang cukup, tidak ada salahnya jika kamu membelinya. kbc9

Bagikan artikel ini: