Pakar Sebut Bea Masuk 200% untuk Produk China Bisa Bahayakan RI, Ini Alasannya

Jum'at, 5 Juli 2024 | 10:18 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Rencana pemerintah menerapkan bea masuk sebesar 200 persen untuk barang impor dari China dikhawatirkan menjadi bumerang bagi Indonesia.

Peneliti Center for Strategic and International Studies (CSIS) Dandy Rafitrandi mengatakan, pemerintah harus berhati-hati dalam menetapkan bea masuk sebesar 200 persen untuk produk impor asal China.

Dandy mengatakan, harus ada basis data yang kuat sebelum mematok bea masuk tersebut. Jika tidak punya argumen dan data yang kuat, kebijakan ini bisa menjadi bumerang bagi perekonomian Indonesia.

"Jadi menurut saya kita lihat apakah kebijakan ini memang didukung data-data yang tepat. Kalau nanti dari China menanyakan alasan penerapan bea masuk tersebut, dan kita tidak bisa memberikan argumen dengan data yang tepat, bahwa memang terjadi dumping dan sebagainya, itu kita akan bisa digugat ke World Trade Organization atau WTO," kata Dandy baru-baru ini.

Dandy mengatakan, kalaupun tidak digugat ke WTO, China diprediksi tidak akan tinggal diam. Perang dagang antar kedua negara bisa saja terjadi dan hal itu bisa berdampak lebih buruk bagi kondisi perekonomian nasional. Terlebih saat ini kuasa modal China di Indonesia cukup kuat dan mendominasi.

Menurut Dandy, bisa jadi China juga akan membalas dengan menerapkan tarif lain sebagai bentuk perlawanan. Persaingannya berkemungkinan bukan pada barang yang sama, tapi di barang yang berbeda. "Kalau China mau melakukan itu, dampaknya akan lebih besar lagi ke Indonesia, karena kita rantai pasok Indonesia masih bergantung dengan barang-barang dari Cina," ujarnya.

Untuk itu, dia merekomendasikan agar pemerintah melakukan kajian mendalam sebelum menetapkan bea masuk terhadap produk dari China. "Jadi menurut saya harus berpikir dua kali, dan harus disertai dengan data yang kuat kalau kita mau melakukan unilateral trade policy seperti itu," katanya.

Seperti diketahui, pemerintah akan mengenakan bea masuk hingga 200 persen untuk produk China yang membanjiri pasar Indonesia. Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan, kebijakan itu sebagai respons atas dumping yang dilakukan Beijing sehingga barang produksi mereka dijual dengan harga sangat murah.

Menurut Zulkifli Hasan, yang akrab disapa Zulhas ini, perang dagang China dan AS telah memicu kelebihan pasokan dan kapasitas sehingga produk-produk China dijual di Indonesia dengan cara dumping sehingga bersaing.

"Saya katakan kepada teman-teman jangan takut, jangan ragu Amerika bisa mengenakan tarif terhadap keramik terhadap pakaian sampai dengan 200 persen, kita juga bisa. Ini agar UMKM industri kita bisa tumbuh dan berkembang," ucap Zulhas, sapaan akrab Mendag.

Sejumlah produk impor itu di antaranya pakaian, baja, tekstil, dan keramik yang ditolak negara-negara Barat, akhirnya dijual di bawah harga produksi. "Maka satu-hari dua hari ini, mudah-mudahan sudah selesai Permendagnya," katanya.

Bila aturan itu disahkan, bea masuk akan berfungsi sebagai jalan keluar untuk melindungi barang-barang impor membanjiri pasar Indonesia.

Untuk diketahui, saat ini impor Indonesia dari China berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2023 adalah US$62,18 miliar, sedangkan ekspor Indonesia US$60 miliar. 

Untuk 2024, BPS mencatat neraca perdagangan barang Indonesia kembali surplus sebesar US$3,56 miliar pada April 2024 ini. Surplus ini lebih rendah dibandingkan Maret 2024 yang sebesar US$4,58 miliar. kbc10

Bagikan artikel ini: