Ngeri! Jokowi ungkap bencana mengerikan selain Covid-19, apa itu?

Kamis, 22 Desember 2022 | 05:50 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Dunia termasuk Indonesia terus dihadapkan berbagai ancaman yang membuat ketidakstabilan ekonomi. Setelah diterjang pandemi Covid-19, ada beberapa ancaman bencana yang terjadi.

Bahkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkap ngerinya dampak kerusakan hidup dan perubahan iklim yang makin nyata saat ini. Menurutnya, sederet bencana telah terjadi karena kerusakan lingkungan hidup. Mulai dari banjir, tanah longsor, hingga kekeringan.

"Kita tahu dampak lingkungan dan kerusakan lingkungan dan perubahan iklim betul-betul sangat kelihatan dan tampak nyata. Kerusakan lingkungan telah banyak mengakibatkan bencana banjir, tanah longsor, kekeringan, dan musibah lainnya," ujar Jokowi dalam Rakernas Badan Pengelolaan Dana Lingkungan Hidup, di Gedung A.A Maramis, Kemenko Perekonomian, Jakarta Pusat, Rabu (21/12/2022).

Dampak lainnya dari kerusakan lingkungan hidup juga membuat musim berubah-ubah tak menentu, perubahan suhu, hingga kenaikan air laut.

"Perubahan iklim dunia mengakibatkan musim tak menentu, perubahan suhu yang sudah dirasakan sekarang, dan kenaikan air laut," ungkap Jokowi.

Jokowi pun meminta Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup harus betul-betul mengarahkan dananya pada kegiatan-kegiatan yang nyata berkaitan dengan lingkungan hidup. Mulai dari urusan sampah hingga rehabilitasi hutan.

"Banyak aktivitas yang harus kita kerjakan, urusan sampah, urusan konservasi fauna, urusan konservasi flora, rehabilitasi hutan mangrove, rehabilitasi hutan hujan tropis, rehabilitasi lahan gambut," kata Jokowi. kbc10

Bagikan artikel ini: