Bayar Tol Tanpa Sentuh Batal Diuji Coba 1 Juni 2023, Ini Biangnya

Rabu, 31 Mei 2023 | 08:20 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Uji coba sistem gerbang tol tanpa sentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF) di Bali yang rencananya dilakukan pada 1 Juni 2023 besok batal digelar. Ada sejumlah kendala yang menghambat rencana ini bisa dilaksanakan.

Direktur Utama PT Roatex Indonesia Toll System (RITS), Musfihin Dahlan mengungkap ada berapa hal yang membuat uji coba ini urung dilakukan. Misalnya, soal perbedaan pandangan antara kebutuhan sistem di Indonesia dan yang akan disuplai dari Hungaria sebagai markas induk usaha RITS.

Utamanya soal adanya perjanjian awal mengenai kemampuan sistem MLFF menangkap 100 persen pendapatan bagi BPJT. Tapi, pada uji coba awal, baru mencapai 80 persen.

"Sampai saat ini masih 80 persen, jadi ada lost 20 persen pendapatan BPJT, ini yang membuat kita batal melakukan uji coba 1 Juni besok," ujar dia di Jakarta, Selasa (30/5/2023).

Hal lainnya, kata Musfihin, adalah adanya beda pandangan antara pimpinan RITS dan Roatex pusat di Hungaria. Antara Indonesia dan pihak Hungaria, kata dia, masih belum sejalan soal penerapan sistem MLFF ini. Dengan begitu, ini memberikan ketidakpastian sanpai kapan uji coba diundur.

"Sampai kapan tertunda? Ini akan tertunda selama antara Hungaria dan Indonesia tidak satu visi. Dan pihak Hungaria harus memahami situasi lingkungan, perilaku, dan behavior dari masyarakat Indonesia," bebernya.

Dia mengisahkan, sebenarnya persiapan untuk uji coba MLFF ini sudah masuk tahap final. Ada 9 tahapan yang harus dilalui. Hingga saat ini, sudah mencapai tahap ke 7. Di mana, pada tahap ini adalah finalisasi sistem dan infrastruktur yang ada.

Hanya saja, kata Musfihin, teknologi yang diminta oleh RITS kepada para kontraktor untuk penerapan MLFF di Bali tak sesuai dengan apa yang direncanakan sejak awal. kbc10

Bagikan artikel ini: