Balik ke Indonesia, PepsiCo Bawa Duit Rp3 Triliun

Kamis, 31 Agustus 2023 | 07:19 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pernah hengkang dari Indonesia pada 2019 lalu, PT PepsiCo Indonesia Food and Beverages atau PepsiCo kembali ke Indonesia dengan membangun pabrik senilai Rp3,04 triliun di Cikarang, Jawa Barat.

"Indonesia adalah salah satu pasar terbesar dan terpesat di dunia. Sebanyak 48 persen dari populasi pasar Asia ada di sini, jadi kami tidak bisa melewatkan peluang ini," kata CEO Asia Business Unit PepsiCo Parinya Kitjatanapan, dikutip Rabu (30/8/2023).

Pria yang akrab disapa Eric juga menyinggung soal iklim investasi Indonesia yang baik. Ia menegaskan ini menjadi salah satu pertimbangan kuat perusahaan asal AS itu kembali ke Tanah Air.

CEO PepsiCo Indonesia Asif Mobin menekankan pabrik anyar di Cikarang bakal fokus memproduksi makanan ringan demi memenuhi pasar domestik. Asif menegaskan bakal ada produk-produk lain yang dihadirkan PepsiCo ke depan.

PepsiCo turut menargetkan ekspor produksi pabrik Cikarang ke negara-negara yang mengutamakan produk halal.

Sementara itu, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengapresiasi langkah PepsiCo membangun pabrik di Indonesia. Bahkan, Bahlil menyebut langkah PepsiCo sangat tepat.

"Karena itu menurut saya alangkah ruginya kemudian kalau teman-teman yang melakukan proses industri, tidak membangun manufakturnya di Indonesia," katanya.

Pepsi bukan barang baru di Indonesia. Minuman ini sudah diproduksi di dalam negeri sejak 1996 silam.

Kala itu, minuman Pepsi itu hadir di bawah naungan PT Pepsi Indobeverages. Perusahaan tersebut merupakan hasil kerja sama PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) dengan PepsiCo AS.

Pepsi lantas hengkang dari Indonesia pada 10 Oktober 2019. Akan tetapi, pihak PepsiCo Indonesia tak menjelaskan secara gamblang alasan dibalik berhentinya kontrak kerja sama dengan Grup Indofood. kbc10

Bagikan artikel ini: