Siap-siap! Tarif Tol Solo-Ngawi Golongan I hingga V Naik Mulai 17 September 2023

Jum'at, 15 September 2023 | 07:19 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memutuskan untuk menyesuaikan harga tarif ruas jalan tol Solo - Ngawi untuk semua jenis golongan kendaraan.

Adapun kenaikan tarif ini berlaku mulai Minggu, 17 September 2023 pukul 00.00 WIB.

Sesuai dengan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) 1086/KPTS/M/2023 tentang Penyesuaian Tarif Tol Pada Ruas Jalan Tol Solo-Mantingan-Ngawi.

Sebagaimana dikutip dari unggahan akun Instagram PT Jasamarga Solo Ngawi selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) Jalan Tol Solo-Ngawi.

"Kami Sampaikan bahwa mulai tanggal 17 September 2023 akan diberlakukan Penyesuaian Tarif Jalan Tol Solo-Mantingan-Ngawi," tulis akun @jasamargasolongawi, dikutip Kamis (14/9/2023).

Dalam keterangan tertulisnya, Direktur Utama PT Jasamarga Solo-Ngawi (JSN) Mery Natacha Panjaitan menjelaskan, diberlakukannya penyesuaian tarif untuk memastikan agar iklim investasi jalan tol dapat berjalan kondusif, serta untuk menjamin level of service pengelola jalan tol tetap sesuai dengan Standar Pelayanan Minimum (SPM).

"Penyesuaian tarif ini merupakan kompensasi pemerintah untuk menjaga kelayakan investasi sesuai Berita Acara Evaluasi Penyesuaian Tarif Tol Tahun 2023 yang menetapkan pemberlakuan penyesuaian tarif khusus untuk 2023 dan 2025," ujar Mery.

Sebagai informasi, jalan tol Solo - Ngawi sepanjang 91,09 km merupakan salah satu bagian dari tol Trans Jawa yang dioperasikan secara penuh pada Desember 2018.

Operasional tol ini dimaksudkan untuk memudahkan mobilitas masyarakat Solo dan Karanganyar yang akan menuju wilayah Ngawi, Jawa Timur.

Pembangunan jalan tol penghubung dua provinsi yakni Jawa Tengah (Jateng) dan Jatim, dirancang menggunakan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

Untuk segmen Junction Kartasura - Karanganyar sepanjang 20,9 kilometer konstruksi digagas oleh Pemerintah.

Sementara, segmen Karanganyar - Simpang Susun Sragen sepanjang 14,3 kilometer serta segmen Simpang Susun Sragen-Simpang Susun Ngawi sepanjang 54,9 kilometer dibangun oleh PT Jasamarga Solo Ngawi. kbc10

Bagikan artikel ini: