Pencipta iPhone dan ChatGPT Siapkan Pengganti Gadget, Pertanda Kiamat Ponsel?

Rabu, 11 Oktober 2023 | 09:57 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Handphone atau ponsel disebut-sebut bakal mengalami kepunahan atau 'kiamat' di masa mendatang. Sang pencipta iPhone dan ChatGPT pun mengklaim punya solusinya.

Perancang iMac dan iPhone Jony Ive, serta pencipta ChatGPT Sam Altman berkolaborasi untuk mengembangkan gadget baru. Hal ini bisa menggemparkan industri smartphone.

Pasalnya, Jony Ive merupakan orang di balik mesuksesan iPhone, bahkan kerap disebut 'bapak iPhone'.

Sementara itu, Sam Altman adalah tokoh sensasional yang menghebohkan industri teknologi melalui penerapan AI-generative di ChatGPT.

Keduanya dilaporkan akan membuat 'gadget AI', tetapi belum memberikan rincian lebih dalam soal itu. Bisa jadi perangkat tersebut akan menggantikan peran smartphone di masa depan.

Mengutip TheInformation, Selasa (10/10/2023), menurut dua sumber dalam yang familiar dengan rencana ini, Ive dan Altman sudah berdiskusi secara intensif soal kolaborasi mengembangkan perangkat AI.

Saat ini belum didiskusikan apakah perangkat AI itu akan diproduksi oleh manufaktur pihak ketiga atau sepenuhnya dikerjakan oleh dua orang penting di industri teknologi tersebut.

Ini bukan kali pertama Altman berkolaborasi dengan designer Apple. Sebelumnya, Thomas Meyerhoffer yang merupakan mantan akan buah Ive juga merancang pemindai retina Orb yang dikembangkan Altman untuk proyek kripto Worldcoin.

Altman juga merupakan salah satu investor utama di Humane, yakni startup hardware/software yang dibentuk oleh sekelompok mantan karyawan Apple. Produk startup tersebut adalah wearable AI yang juga punya ambisi menggantikan peran smartphone di masa depan.

Dalam laporan TheInformation, CEO SoftBank Masayoshi Son dikatakan turut terlibat dalam rencana besar Ive dan Altman. Masayoshi Son mengaku terpesona dengan ChatGPT dan sudah sering mengobrol dengan Altman.

Salah satu orang terkaya di dunia itu telah berinvestasi lebih dari US$140 miliar ke startup AI. Dia juga pernah mengatakan SoftBank akan menjadi perusahaan investasi yang memimpin revolusi AI. kbc10

Bagikan artikel ini: