Luhut Sebut 3 Tahun Lagi Bensin Bakal Digantikan Bioetanol

Selasa, 11 Juni 2024 | 06:38 WIB ET
Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan
Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan

JAKARTA, kabarbisnis.com: Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menargetkan Bioetanol siap gantikan bensin pada 3 tahun mendatang.

Luhut menjelaskan, saat ini pemerintah tengah mempersiapkannya dengan mencari sumber Bioetanol salah satu lewat pemanfaatan gula tebu. Saat ini, Pemerintah sudah membuka food estate di Papua untuk memproduksi gula untuk menjadi bahan baku pembuatan Bioetanol.

"Nah ini saya kira dalam 3 tahun, 2 tahun ke depan kita akan bisa capai (ganti bensin dengan Bioetanol)," ujar Luhut seperti dikutip, Selasa (11/6/2024).

Langkah lainnya, Luhut mengatakan saat ini PT Pertamina (Persero) juga tengah menyelesaikan proses akuisisi salah satu perusahaan di Brazil yang memproduksi gula untuk dijadikan Bioetanol.

"Kita akan ganti bensin itu secara bertahap dengan Bioetanol. Sehingga nanti Pertamina memiliki sumber energi dan sumber gula di Brazil, itu akan membuat ketahanan energi kita bagus," sambung Luhut.

Luhut mengatakan penggantian pertalite menjadi Bioethanol bertujuan untuk menekan emsisi yang dikontribusikan oleh kendaraan bermotor. Sebab menurutnya, gas buang yang dihasilkan dari bioethanol lebih bersih ketimbang gas buang yang dihasilkan oleh Pertalite.

"Iya nanti kita lihat dulu, kita mau Bioetanol itu karena masalah polusi ini harus kita kendalikan paling cepat mengendalikan itu adalah tadi ethanol," ungkap Luhut Binsar. kbc10

Bagikan artikel ini: