35 Perusahaan Antre Melantai di Bursa, Ada yang Beraset Kurang Rp50 Miliar

Rabu, 26 Juni 2024 | 13:05 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Bursa Efek Indonesia (BEI) melaporkan ada sekitar 35 perusahaan sudah siap melakukan pencatatan saham atau initial public offering (IPO) di pasar saham Indonesia.

"Sampai dengan 21 Juni 2024, terdapat 35 perusahaan dalam pipeline pencatatan saham," kata Direktur Penilaian Perusahaan BEI, I Gede Nyoman Yetna seperti dikutip, Rabu (26/6/2024).

Sederet rencana pencatatan saham di bursa masih didominasi oleh perusahaan beraset menengah. Kelompok calon emiten ini, terang Nyoman memiliki aset antara Rp50 miliar sampai dengan Rp250 miliar.

Nyoman turut merinci sebanyak 6 memiliki aset skala kecil, yakni di bawah Rp50 miliar. Adapun terdapat 8 raksasa korporasi yang siap melepas sahamnya ke publik.

Dari sisi klasifikasi bisnis, sektor konsumer masih merajai antrean menjadi perusahaan terbuka, dengan rincian konsumer siklikal 3 perusahaan, dan 11 mewakili konsumer nonsiklikal.

Selanjutnya terdapat 4 korporasi dari sektor industri, 4 dari teknologi, dan 3 dari sektor kesehatan.

Terdapat 2 korporasi masing-masing dari energi, bahan baku, transportasi-logistik, dan properti real-estat. Kemudian 1 berturut-turut dari sektor keuangan, dan infrastruktur.

Hingga akhir pekan lalu, total penghimpunan dana melalui pencatatan saham di pasar modal telah menembus Rp3,95 triliun, dari total 25 perusahaan yang melantai. kbc10

Bagikan artikel ini: