Bangun Hotel Bintang 6, Perusahaan Anak Tommy Soeharto Cari Dana Rp713 Miliar dari IPO

Kamis, 20 Juni 2024 | 16:09 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: PT Intra GolfLink Resorts Tbk berencana mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada awal Juli 2024. Perusahaan anak Tommy Soeharto ini memang tengah membutuhkan dana untuk membangun hotel bintang 6.

Dalam penawaran umum perdana saham atau initial public offering (IPO), perseroan menawarkan sebanyak 3,10 miliar saham atau 15,02 persen dari total modal ditempatkan dan disetor.

Perseroan akan memulai masa penawaran atau book building pada 20 Juni hingga 25 Juni 2024, dan harga penawaran awal yang ditetapkan sebesar Rp220-Rp230 per saham.

Dengan demikian, perusahaan anak Tommy Soeharto ini berpotensi meraup dana segar sebesar Rp713 miliar.

Perihal penggunaan dana, sebesar 87,53 persen akan digunakan untuk melakukan setoran modal ke entitas anak New Kuta Golf (NKG).

Secara rinci, sebesar 67,32 persen akan digunakan NKG sebagai belanja modal atau capital expenditure berupa pembangunan hotel bintang 6 'Luxury Boutique Hotel' di Hole 15 - The Cliff Hanger, Kawasan Pecatu Indah Resort, Jimbaran, Bali.

Kemudian, sebesar 11,22 persen akan digunakan NKG untuk pembelian lahan seluas 11.332 meter persegi yang berada di depan Luxury Boutique Hotel sebagai sarana pendukung hotel tersebut.

Sekitar 3,65 persen akan digunakan untuk membangun New Kuta Golf Villa beserta fasilitas pendukungnya yang berlokasi di Pecatu Indah Resort, Jimbaran, Bali.

Serta, sebesar 5,34 persen akan digunakan untuk modal kerja atau operational expenditure (opex), namun tidak terbatas pada biaya pemasaran, biaya perawatan lapangan, serta biaya operasional lain guna mendukung kegiatan usaha NKG.

Selanjutnya, sebesar 5,34 persen dana hasil IPO akan digunakan perseroan untuk setoran modal kepada entitas anak yaitu Sentul Golf Utama (SGU), yang akan digunakan SGU untuk biaya operasional namun tidak terbatas pada biaya pemasaran, biaya perawatan lapangan, serta biaya operasional lain guna mendukung kegiatan usaha SGU.

"Sisanya akan digunakan untuk modal kerja, namun tidak terbatas pada biaya operasional namun tidak terbatas pada gaji karyawan, biaya perawatan dan utilitas, serta biaya untuk keperluan kantor guna mendukung kegiatan usaha perseroan," demikian dikutip dari prospektus pada Kamis (20/6/2024).

Intra GolfLink Resort merupakan usaha milik Darma Mangkuluhur Hutomo yang merupakan putra sulung Tommy Soeharto dan Tata Cahyani. Perseroan berfokus pada kepemilikan dan pengelolaan lapangan golf.

Lebih lanjut, perseroan dijadwalkan melantai di BEI pada 8 Juli 2024 mendatang. Sebelum itu, penawaran umum atau offering akan dilaksanakan pada 2-4 Juli 2024.

Kemudian, jadwal penjatahan dan distribusi secara elektronik akan berlangsung pada 4 dan 5 Juli 2024.

Dalam IPO ini, perseroan menunjuk PT KB Valbury Sekuritas, PT Samuel Sekuritas Indonesia, PT Semesta Indovest Sekuritas dan PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk sebagai penjamin pelaksana emisi efek. kbc10

Bagikan artikel ini: