Harga BBM Naik Bulan Depan? Menteri ESDM: Tanya Bu Sri Mulyani Tuh!

Rabu, 26 Juni 2024 | 09:05 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Harga bahan bakar minyak (BBM) non subsidi disinyalir bakal naik pada Juli 2024 mendatang. Kenaikan harga tak lepas dari tingginya harga minyak dunia, pelemahan nilai tukar rupiah, hingga turunnya produksi minyak mentah dalam negeri.

Namun demikian, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengaku belum membahas mengenai harga Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi maupun non subsidi untuk Juli 2024. Sama halnya dengan harga BBM, Arifin juga mengatakan pemerintah belum melakukan pembahasan soal kelanjutan harga listrik usai Juni 2024 ini.

"Belum dibahas (rapat)," jelasnya seperti dikutip, Rabu (26/6/2024).

Dia pun menyatakan, masih menunggu koordinasi dengan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) terlebih dahulu. Sebab menurutnya, sejauh ini kementeriannya sudah siap membahas nasib subsidi BBM di tengah tingginya harga minyak.

"Tanya Bu (Menteri Keuangan) Sri Mulyani tuh, saya kan tiap saat siap. Tanya beliau (Srimul) kapan mau ngumpulnya (membahas subsidi)," tandasnya.

Sebelumnya, Arifin mengungkapkan, pertimbangan pemerintah menahan harga BBM tetap stabil hingga Juni 2024 guna mendukung pemulihan ekonomi masyarakat pasca pandemi COVID-19.

Arifin bilang dirinya juga akan membahas terkait kelanjutan harga BBM subsidi dan nonsubsidi bersama Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Keuangan Sri Mulyani pada Juli 2024.

Namun diakuinya, hingga pan terakhir Juni, belum ada rapat lintas kementerian maupun arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait harga BBM maupun tarif listrik yang akan berlaku pada Juli 2024. kbc10

Bagikan artikel ini: