Bahaya Nih! Industri Tekstil Terancam PHK Massal di 2023

Selasa, 5 September 2023 | 09:22 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Ketua Umum Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API), Jemmy Kartiwa Sastraatmadja menyebut bahwa industri tekstil dan produk tekstil (TPT) di Tanah Air masih belum sepenuhnya pulih dari dampak pandemi Covid-19.

"Saat ini perjuangan industri TPT belum rampung, masih tahap recovery dari dua tahun didera pandemi covid-19. Perbaikan regulasi dan implementasi sangat perlu sehingga ada perlindungan negara terhadap industri TPT," kata Jemmy baru-baru ini.

Jemmy mengaku, keprihatinan yang menyelimuti sektor TPT terjadi sejak pandemi Covid-19 dan masih terasa sampai sekarang. Dampak pandemi masih membuat pesanan dari mancanegara menurun dan jenuhnya barang impor TPT di pasar domestik, menjadi penyebab mendungnya industri TPT.

Di sisi lain, Jemmy menyoroti terkait gelombang PHK yang sudah terjadi sejak tahun 2022, dan potensi gelombang kedua diperkirakan terjadi di tahun 2023.

Padahal, industri padat karya, termasuk TPT, persepatuan dan alas kaki jadi harapan untuk membantu pemerintah mengatasi potensi tsunami pengangguran yang diakibatkan oleh bonus demografi.

Dia menjelaskan, terjadinya pelemahan industri atau sering disebut sebagai de-industrialisasi akan mengakibatkan serapan tenaga kerja menurun drastis, padahal lonjakan tenaga kerja dari bonus demografi tidak terbendung.

"Maka, upaya-upaya besar harus dilakukan oleh API, APSYFI dan bersama pemerintah," ujar Jemmy.

Jemmy berharap agar pemerintah bersikap responsif dalam waktu yang cepat dan akurat, serta tepat sasaran, sehingga sektor padat karya TPT ini bisa bertahan menghadapi turbulensi ekonomi internasional dan domestik.

"Para pelaku IKM sektor garmen adalah aktor penting untuk menggerakkan ekononomi. Maka, kita bersama sama pemerintah dan pelaku industri TPT berskala besar, harus bersama-sama berjuang untuk meningkatkan produktifitas sandang," ujar Jemmy.

Industri TPT adalah salah satu industri padat karya yang bisa menyerap tenaga kerja tanpa berpendidikan tinggi. Alhasil diyakini, bonus demografi bisa terserap dengan baik di sektor ini.

"Tetapi, saat ini TPT sedang mengalami masalah masalah yang cukup besar," pungkas Jemmy. kbc10

Bagikan artikel ini: