Transisi Bayar Tol Tanpa Setop Ditargetkan Maret 2024

Jum'at, 8 Desember 2023 | 08:39 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Roatex Indonesia Toll System (RITS) menyatakan bahwa masa transisi sistem transaksi tol nirsentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF) ditargetkan dilakukan pada Maret 2024.

Menurut Direktur Utama RITS Attila Keszeg, untuk tahapan awal uji coba transisi MLFF hanya dilaksanakan di Bali untuk pengguna dari kementerian, kepolisian, hingga perusahaan taksi di Pulau Dewata. Masa transisi akan dilaksanakan usai uji coba dievaluasi oleh pemerintah.

"Untuk internal testing sendiri sudah dilakukan dan sudah berjalan dengan baik," kata dia seperti dikutip, Kamis (7/12/2023).

"Nanti ke depannya setelah friendly user itu, atau uji coba itu dievaluasi oleh pemerintah, untuk bulan Maret kita akan masuk ke masa transisi," sambung dia.

Uji coba MLFF di sejumlah ruas jalan tol direncanakan dilakukan pada Desember 2023 hingga Januari 2024.

Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR menyatakan uji coba transisi MLFF bakal dilakukan di Bali dalam skala kecil pada Desember.

Direktur Jalan Bebas Hambatan Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Triono Junoasmono mengatakan pada tahap awal uji coba hanya akan diberlakukan di lajur 4 Gerbang Tol Ngurah Rai dan baru diterapkan di seluruh lajur gerbang tol pada Maret 2024.

"Uji coba telah dimulai sejak Minggu ke-2 November 2023 dan akan terus disempurnakan kesiapan alat dan simulasinya. Direncanakan mulai 12 Desember 2023 hingga Januari 2024 untuk peluncuran uji coba terbatas khususnya bagi kendaraan pegawai pemerintah," kata Triono dikutip situs resmi PUPR.

MLFF yang menggunakan teknologi Global Navigation Satellite System (GNSS) sebelumnya direncanakan diuji coba pada 1 Juni 2023 di Bali tetapi batal karena kisruh manajemen operator RITS. kbc10

Bagikan artikel ini: