Surabaya Printing Expo 2023 Buka Peluang buat Pebisnis Grafika

Senin, 17 Juli 2023 | 22:12 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Potensi pasar industri printing dan ekonomi kreatif di Tanah Air cukup besar, seperti produk teknologi di bidang mesin percetakan (pre-press, press, post-press), mesin cetak/offset, cetak digital, cetak tekstil, sablon, dan jasa cetak.

Melihat potensi ini, Krista Exhibitions siap menggelar kembali pameran tahunan terbesar di Indonesia Timur dan Indonesia Tengah dalam industri printing dan ekonomi kreatif. Yakni berupa teknologi di bidang mesin-mesin percetakan (pre-press, press, post-press), mesin cetak/offset, cetak digital, cetak tekstil, sablon, dan jasa cetak.

Pameran Surabaya Printing Expo (SPE) 2023, telah digelar ke-16 kali. Pada pameran yang diselenggarakan 20 - 23 Juli 2023 mendatang di Grand City Surabaya, melibatkan lebih dari 150 peserta baik dari lokal maupun internasional.

"Mereka antara lain dari negara Tiongkok, Jepang, Malaysia, Singapura, dan Taiwan, dengan target 12.000 pengunjung lokal maupun internasional," kata Chief Executive Officer (CEO) Krista Exhibitions Daud D. Salim pada Konferensi Pers Surabaya Printing Expo (SPE) 2023 di Grand City Surabaya, Senin (17/7/2023).

Dia mengungkapkan, tahun ini peserta pameran Surabaya Printing Expo (SPE) 2023 meningkat 25 persen dari tahun sebelumnya. Itu artinya pameran tersebut merupakan suatu peluang yang baik bagi para pengusaha grafika agar lebih termotivasi untuk terus berinovasi dalam menghasilkan produk-produk unggulan.

"Didukung dengan mesin berteknologi canggih dan mempunyai daya saing yang tinggi dengan produk-produk luar negeri," papar Daud D. Salim.

Ketua Umum Persatuan Perusahaan Grafika Indonesia (PPGI) Ahmad Mughira Nurhani mengatakan, pengurus dan anggota PPGI menyambut baik dan mengapresiasi serta mendukung PT Kristamedia Pratama atas penyelenggaraan pameran grafika Surabaya Printing Expo (SPE) 2023. Dengan pameran tersebut, para pengusaha grafika nasional dapat selalu meng-update diri dan fasilitas peralatan mesin-mesin grafikanya.

"Para pengusaha dapat mengambil manfaatnya agar usaha bertambah maju dan bersaing secara sehat di tengah-tengah perkembangan ekonomi di Indonesia yang diharapkan akan semakin membaik," kata Ahmad Mughira Nurhani.

Pameran Surabaya Printing Expo (SPE) 2023 akan menghadirkan segala jenis teknologi cetak mencetak terkini, seperti cetak digital, cetak sablon, cetak offset, cetak garmen, cetak tekstil, mesin cutting, mesin finishing, cetak 3D, label, dan tinta. Bukan itu saja. Berbagai acara dan seminar menarik pun akan meramaikan 4 hari pameran.

Pameran Surabaya Printing Expo (SPE) 2023 tidak didukung Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Selain itu, Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Pemerintah Kota Surabaya, Kadin Provinsi Jawa Timur, Kadin Kota Surabaya, PPGI, Komunitas Printing Indonesia (Kopi), serta Asperapi (Asosiasi Perusahaan Pameran Indonesia). kbc10

Bagikan artikel ini: