Resmi Dibuka, IIFEX & EastPack Surabaya 2024 Jadi Ajang Business Matching Pengusaha Kuliner

Kamis, 27 Juni 2024 | 15:06 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: EastFood (IIFEX) & EastPack Surabaya 2024 yang berlangsung pada 27-30 Juni 2024 di Grand City Mall & Convex Surabaya resmi dibuka. Pameran bidang Makanan Minuman, Bakery, Fishery, Horeca/Jasa Boga, dan Teknologi Pengemasan berskala Internasional ini adalah yang ke-14 kalinya digelar.

Chief Executive Officer (CEO) Krista Exhibitions selaku penyelenggara pameran, Daud D Salim mengatakan, pameran EastFood (IIFEX) & EastPack Surabaya 2024 menjadi pameran tahunan terbesar di Surabaya dan merupakan platform Business to Business (B2B) yang diharapkan dapat memperluas wawasan para pengusaha makanan minuman dan kemasan tentang potensi pasar di mancanegara untuk produk mereka.

"Ajang ini juga sekaligus membentuk jaringan pemasaran dan mendorong pelaku usaha untuk menghasilkan produk-produk yang berkualitas dan berkompeten, sehingga mampu bersaing dengan produk luar negeri. Pameran ini diikuti oleh 250 peserta termasuk melibatkan 30 UMKM dengan target 15.000 pengunjung baik lokal maupun International," kata Daud D Salim pada seremoni pembukaan pameran, Kamis (27/6/2024).

Dikatakannya, pameran ini juga merupakan tempat yang tepat untuk membantu mempertemukan peserta dan UMKM secara langsung dengan para calon pembeli potensial melalui program business matching, yang menjadi solusi tepat bagi para peserta pameran dan UMKM dalam mengembangkan bisnis dan mencari referensi maupun investor.

"Lebih dari itu, kegiatan business matching ini diharapkan dapat menjadi sarana untuk memperkuat sinergi dan menciptakan kolaborasi yang berkelanjutan demi mendukung perekonomian industri makanan minuman dan kemasan di Iindonesia," ujar Daud D Salim.

Kepala Bidang Pengembangan Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perdagangan dan Perindustrian Provinsi Jawa Timur, Yudi Ariyanto menyambut baik digelarnya pameran IIFEX & EastPack Surabaya 2024 sebagai upaya ikut mendorong pertumbuhan ekonomi khususnya di sektor industri makanan dan minuman.

"Pertumbuhan Ekonomi Jawa Timur Triwulan I-2024 sebesar 4,81% (yoy). Jawa Timur tetap menjadi kekuatan ekonomi di Pulau Jawa dengan kontribusi sebesar 25,07 persen. Dan secara nasional berkontribusi sebesar 14,46 persen dari total PDB Indonesia di Triwulan I-2024," jelasnya.

Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minumam Seluruh Indonesia (GAPMMI), Adhi S. Lukman menuturkan, industri makanan dan minuman (mamin) menjadi sektor strategis yang berperan penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan mencatatkan neraca dagang positif sebesar US$25,21 miliar dengan nilai ekspor pada 2023 mencapai US$41,70 miliar dan impor sebesar US$16,49 miliar. Investasi sektor industri makanan dan minuman juga terus tumbuh dengan perkembangan realisasi investasi mencapai Rp 85,10 triliun pada 2023.

"Di tengah tantangan mulai pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS hingga geopolitik global, industri mamin pada kuartal I-2024 tetap tumbuh sebesar 5,4 persen. Investasi di industri mamin juga bertumbuh di tahun ini, dimana investasi asing tumbuh 10 persen dan investasi dalam negeri tumbuh 67 persen," ungkapnya.

Dengan kondisi ini, pihaknya menyambut baik pameran IIFEX & EastPack Surabaya 2024 yang diharapkan bisa mendorong pengembangan industri dan pasar produk mamin.

Untuk diketahui, Pameran EastFood (IIFEX) & EastPack Surabaya 2024 akan diramaikan dengan beragam acara seperti Baking Demo dan Cooking Demo oleh para Chef Profesional yang akan membagikan resep-resep menu terbaik mereka, diantaranya Chef Achen dari Rose Brand, Chef Tyo dari INACO, Chef Baihaqi dan Chef Fatah dari Hakiki Donarta, Chef Yonas dari Meg Cheese, Chef Cessar dan Perkumpulan Penyelenggara Jasaboga Indonesia. Selain itu ada workshop dan seminar serta beragam aktivitas menarik seperti pastry, bakery, Gelato workshop dan Gelato class espresso Italy, Talkshow & Gelato Demo. Juga diramaikan kompetisi seru, salah satunya kompetisi Eastroc Roasting Competition. kbc7

Bagikan artikel ini: