Ekonomi Tak Pasti, Apindo Ungkap Saat Ini Pengusaha Pilih Rem Ekspansi

Kamis, 27 Juni 2024 | 07:24 WIB ET
Ketua Umum Apindo Shinta W. Kamdani
Ketua Umum Apindo Shinta W. Kamdani

JAKARTA, kabarbisnis.com: Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) mengungkap bahwa sekitar 45 persen kalangan pelaku usaha memilih untuk tidak melakukan ekspansi saat ini. Hal tersebut menjadi salah satu indikator imbas ketidakpastian ekonomi. 

"Kita tidak bisa mengatakan faktornya hanya pelemahan rupiah. Permintaan pasar juga menurun signifikan. Ekspor marketnya juga, di dalam negeri daya beli juga menurun," ujar Ketua Umum Apindo Shinta W. Kamdani seperti dikutip, Kamis (27/6/2024).

Shinta mengungkap data survei tersebut menjadi indikasi enggannya para pengusaha untuk bersikap agresif. Menurut Shinta, para pengusaha cenderung melihat kondisi terkini, terkait situasi ekonomi global hingga kebijakan ekonomi di masa transisi.

"Kalau kita masukkan dalam survei itu banyak juga produsen manufaktur. Nah itu ekspornya juga menurun lumayan, jadi banyak faktornya, tapi saya cuma memberikan indikasi bahwa mereka yang menyatakan tidak akan (ekspansi)," ucap Shinta.

Shinta mengapresiasi langkah pemerintah menerbitkan undang-undang cipta kerja atau Omnibuslaw dalam menggenjot investasi maupun perekonomian secara keseluruhan. Namun, Shinta menyebut dampak Omnibuslaw baru akan terlihat dalam jangka panjang.

"Kita angkat topi untuk pemerintah membuat Omnibuslaw. Makanya kita dukung dari awal, cuma implementasinya butuh waktu. Makanya kita awalnya yang terlalu tinggi harapannya, mau semuanya diberesin, akhirnya tidak bisa terjadi di lapangan," kata Shinta. kbc10

Bagikan artikel ini: