Matahari Department Store Mulai Tutup Sejumlah Toko?

Senin, 1 Juli 2024 | 12:30 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Emiten peritel Matahari Department Store (LPPF) dikabarkan bakal melakukan penutupan di beberapa tokonya di wilayah Tangerang, Banten. Informasi tutupnya Matahari sudah beredar di media sosial sebelumnya.

Kabar tutupnya beberapa toko ritel ternama di Tanah Air tersebut diakui Ketua Umum Himpunan dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) Budihardjo Iduansjah. Menurutnya, ada beberapa gerai yang tutup di Tangerang, Banten.

Budihardjo menjelaskan gerai yang tutup saat ini juga melakukan pesta diskon sebagai langkah cuci gudang untuk stok dagangan yang tersisa.

"Betul, memang dia tutup dan adakan diskon. Memang namanya tutup toko itu kan stock clearance itu biasa ya," beber Budiharjo seperti dikutip, Senin (1/7/2024).

Selain di kawasan Tangerang, Budihardjo mengatakan ada kemungkinan juga penutupan Matahari terjadi di beberapa kota lain. Dia menyebut ada pergantian manajemen di kubu Matahari yang membuat adanya strategi bisnis baru.

"Memang nggak menutup kemungkinan di luar kota juga ada. Karena manajemen itu baru ganti. Mungkin ada perubahan rencana kerja," tegas Budihardjo.

Sebelumnya, informasi soal penutupan gerai Matahari ini juga beredar di media sosial. Salah satunya dari akun Instagram @abouttng, disebut ada dua gerai Matahari yang mau tutup yaitu di WTC Serpong dan Mal Balekota Tangerang.

Akun itu juga menyebutkan ada diskon besar-besaran di Matahari. Disebut penutupan toko dilakukan pada 30 Juni 2024 kemarin.

Sebelumnya, perusahaan mencatatkan kinerja positif sepanjang kuartal pertama tahun ini. Hingga Maret 2024, pendapatan LPPF tercatat naik 37% menjadi Rp 1,97 triliun. Laba bersih perusahaan juga terdongkrak naik 222% menjadi Rp 325, 97 miliar dalam tiga bulan pertama tahun ini. kbc10

Bagikan artikel ini: