Inflasi Mei 2024 Diperkirakan Melandai, Ini Alasannya

Jum'at, 31 Mei 2024 | 10:53 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Tingkat inflasi pada Mei 2024 ini diperkirakan melandai, sejalan dengan turunnya harga pangan dan usainya momentum Ramadan dan Lebaran.

Sejumlah ekonom bahkan memperkirakan, inflasi bulanan pada Mei 2024 bergerak di rentang 0,07% hingga 0,07%. Sementara inflasi tahunan pada Mei diperkirakan sekitar 2,94% hingga 2,98%.

Kepala Ekonom Bank Central Asia (BCA) David Sumual memperkirakan, laju inflasi Mei sebesar 0,08% month-to-month (mtm) dan 2,94% year on year (yoy).

"Inflasi melambat didorong harga bahan pokok, terutama beras, dan sebagian yang lain juga melambat seperti bawang merah, daging ayam, telur ayam dan daging sapi," kata David seperti dikutip, Jumat (31/5/2024).

Dia menerangkan, tren inflasi tersebut secara musiman cukup normal, mengingat sejumlah harga bahan pokok menurun pasca liburan lebaran.

Akan tetapi, harga energi dan kenaikan imported inflation harus tetap diwaspadai dalam jangka menengah. "Stabilitas kurs perlu dijaga," ucapnya.

Ekonom Bank Danamon Irman Faiz mengatakan, inflasi Mei 2024 diperkirakan sedikit mereda ke 2,98% yoy, seiring dengan volatile foods inflation yang melandai akibat panen raya. 

"Sementara biaya input manufaktur juga terlihat moderasi sejalan dengan koreksi harga komoditas pangan dan barang input global," ujar Irman.

Meski demikian, risiko inflasi masih cenderung ke atas akibat ketidakpastian tensi geopolitik global yang membuat harga energi meningkat dan perubahan iklim dari musim el nino yang dapat berkepanjangan.

"Stok pangan nasional perlu untuk dipastikan memadai," jelasnya. kbc10

Bagikan artikel ini: