Rupiah Tembus Rp16.400, Menteri Airlangga: Kita Tak Sendiri

Jum'at, 21 Juni 2024 | 10:46 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Menteri Koordinator Bidang Ekonomi Airlangga Hartarto ikut mengomentari soal tren pelemahan rupiah terhadap dolar AS belakangan ini. Posisi kurs rupiah pada Jumat (21/6/2024) hari ini berada di angka Rp16.441 per dolar AS.

Menurut Airlangga, pelemahan tak hanya menimpa rupiah. Dia mengklaim mata uang negara lain juga merosot imbas penguatan dolar AS.

"Ya tentu berbagai mata uang, semua mengalami pelemahan terhadap dolar AS. Kita monitor saja karena kita tak sendirian," kata dia dikutip, Jumat (21/6/2024).

Airlangga pun optimistis rupiah bisa kembali menguat. Pasalnya, Indonesia mempunyai fundamental ekonomi yang kuat. Dia memberi gambaran, pertumbuhan ekonomi RI terjadi di level 5,11 persen, inflasi 2,84 persen, hingga neraca dengan yang masih surplus.

"Itu adalah positif growth ekonomi dibandingkan peer country, kita top 10 termasuk baik," klaim Airlangga.

Nilai tukar rupiah bertengger di posisi Rp16.390 per dolar AS pada Kamis (20/6) ini. Mata uang Garuda melemah 24 poin atau minus 0,15 persen dari perdagangan sebelumnya.

Pengamat komoditas dan mata uang Lukman Leong memperkirakan rupiah akan berkonsolidasi dengan kecenderungan melemah terbatas. Menurutnya, investor wait and see menantikan hasil rapat dewan gubernur BI sore ini.

"BI diperkirakan masih akan mempertahankan tingkat suku bunga untuk saat ini, namun mungkin akan menaikkannya kedepannya oleh pertimbangan demi stabilitas nilai tukar rupiah," kata dia. kbc10

Bagikan artikel ini: