Usai Bali, Uji Coba Bayar Tol Tanpa Berhenti Lanjut ke Jakarta dan Jabar

Rabu, 22 November 2023 | 08:50 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pemerintah bakal menggelar uji coba bayar tol tanpa setop atau multilane free flow (MLFF) pada pekan kedua di Desember 2023. Uji coba berlangsung di Tol Bali Mandara.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, setelah dilangsungkan di Bali, uji coba ini akan berlanjut ke 6 ruas tol lainnya. Keenam tol ini berlokasi di Jakarta dan Jawa Barat (Jabar). Nantinya, uji coba berikutnya di 6 ruas tol ini akan dilakukan secara serentak.

"Jadi pertama Bali dulu, akhir Desember, minggu kedua Desember. Nanti dievaluasi, oke baru kita masukan di sekitar Jakarta dan Jawa Barat," kata Basuki seperti dikutip, Selasa (21/11/2023).

Sebelumnya direncanakan uji coba di 5 lokasi, antara lain Bali Mandara, Jagorawi, Jakarta-Cikampek, Tol dalam Kota (Dalkot), dan Jakarta Outer Ring Road (JORR).

Sempat ada kabar uji coba akan digelar di Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam). Namun Basuki enggan berkomentar soal tersebut.

Sementara itu, Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian mengatakan, pihaknya hanya akan menerapkan di satu lane alias lajur dengan satu gerbang tol. Dengan demikian, ia memperkirakan kalau kondisi ini tidak akan terlalu berpengaruh pada kepadatan lalu lintas tol di Bali, mengingat uji coba dilakukan saat musim liburan.

"Kita kan coba satu lane dulu. Itu kan ada 4-5 lane. Kita coba satu lane dulu aja, jadi yang lain tetap biasa. Kita kan nyoba sistem," kata Hedy.

Selain itu, katanya Kementerian PUPR juga tidak menargetkan jumlah pengguna jalan tol yang ikut serta dalam uji coba. Fokusnya dalam uji coba pertama ini ialah agar kendaraan bisa terkontrol terlebih dulu.

Sebagai informasi, sistem MLFF ini menggunakan teknologi Global Navigation Satellite System (GNSS) dan melakukan transaksi melalui aplikasi Cantas di smartphone. Selanjutnya, GPS akan menentukan lokasi yang dideterminasi oleh satelit dan proses map-matching akan berjalan di central system. Saat kendaraan keluar tol dan proses map-matching berakhir, sistem akan melakukan kalkulasi tarif.

Dengan diimplementasikannya sistem ini pengendara tidak lagi perlu berhenti dan kendaraan dapat terus berjalan seperti biasa, sehingga tidak ada lagi antrian pada gerbang tol dan mempersingkat waktu tempuh dan efisien. kbc10

Bagikan artikel ini: